EKRANISASI NOVEL DUA GARIS BIRU KARYA LUCIA PRIANDARINI KE BENTUK FILM DUA GARIS BIRU KARYA GINA S. NOER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Syifa Anis Kurli, Sri Mulyati, Syamsul Anwar

Abstract


ABSTRACTThe purpose of this study was to examine the forms of ekranisasi novel Dua Garis Biru by Lucia Priandarini to the Dua Garis Biru movie by Gina S. Noer and the implications of learning in High School. This research only presents forms of plot and character ekranisasi in the novel to the film. This study uses a qualitative method. Descriptive method for describing the forms of ekranisasi in novels and films Dua Garis Biru. The data source used is the novel Dua Garis Biru by Lucia Priandarini and the film Dua Garis Biru by Gina S. Noer. The data are in the form of excerpts from the novel Dua Garis Biru by Lucia Priandarini and film Dua Garis Biru by Gina S. Noer. Data colletion uses reading, watching, and note techniques. Analysis of the results using descriptive analysis techniques with three steps, namely describing, analyzing data, and completing results. This research produces, updates, and changes the forms of ekranisasi from the novel to the film Dua Garis Biru. This research can be applied to Indonesia language learning specifically Indonesia Specialization in class XII second semester (even) with basic competence of 3,9 Analyzing novel content and linguistics, and 4.9 Designing novels or novels by paying attention to the contents and linguistics both oral and written.Keywords: Ekranisasi, Implications of learning, Movies and Novels Dua Garis BiruABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bentuk-bentuk ekranisasi novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini ke bentuk film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer dan Implikasi Pembelajarannya di SMA. Penelitian ini hanya memaparkan bentuk-bentuk ekranisasi alur dan tokoh pada novel ke film. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Metode deskriptif untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ekranisasi dalam novel dan film Dua Garis Biru. Sumber data yang digunakan adalah novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini dan Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Wujud data berupa kutipan pada novel Dua Garis Biru Karya Lucia Priandarini dan Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Pengumpulan data menggunakan teknik baca, tonton dan catat. Penyajian hasil analisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan tiga langkah, yaitu mendeskripsikan, menganalisis data, dan menyimpulkan hasilnya. Penelitian ini menghasilkan pengurangan, penambahan, dan perubahan bervariasi yang merupakan bentuk-bentuk ekranisasi dari novel ke film Dua Garis Biru. Penelitian ini dapat di implikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya Bahasa Indonesia Peminatan kelas XII semester dua (genap) dengan kompetensi dasar yaitu 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatian isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.Kata kunci: Ekranisasi, Novel dan Film Dua Garis Biru, Implikasi Pembelajaran

Keywords


Keywords: Ekranisasi, Implications of learning, Movies, Novels Dua Garis Biru

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Damono, Sapardi Djoko. (2018). Alihwahana. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Boggs, Joseph M. (1992). Cara Menilai Sebuah Film (diterjemahkan oleh Asrul Sani). Jakarta: Yayasan Citra.

Eneste, Pamusuk. (1991). Novel dan Film. Flores. Nusa Indah.

Kartika, Pheni Cahya. (2016). Rasionalisasi Perspektif Film Layar Lebar Beradaptasi Karya Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya. Volume 2, Nomor 2.

Priandarini, Lucia. (2019). Novel Dua Garis Biru. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. (2014).Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i2.3586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: