MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING DI KELAS VI SD NEGERI 2 TANJUNG KOTA TASIKMALAYA

Rokayah Rokayah

Abstract


ABSTRACTBased on the results of observations to grade VI students of SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya, most of the students had scores that had not yet reached the KKM. Factors that are considered to be the trigger for the low learning outcomes of students' science learning include students who pay less attention to learning. This happens because students consider science learning in the classroom less challenging and boring so that students are less interested in paying attention to science lessons. Therefore it is necessary to make efforts to improve student learning outcomes through the application of appropriate learning methods. This study aims to improve the science learning outcomes of grade VI SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya using guided discovery learning methods. This type of research is a classroom action research  using the Kemmis and Taggart model. The subjects of this study were 41 students of grade VI. This research was conducted in two cycles of action. In each cycle, there are planning, implementation, observation and reflection activities. The instruments used were observation sheets and test. The results of the first cycle research showed that the percentage of students whose grades were above the KKM had only reached 70.73%, so they still could not reach the criteria for research success. In the second cycle, the percentage of learning completeness increased to 85.37%. The results of these studies indicate that the application of the guided discovey method can improve science learning outcomes.Keywords: learning methods, guided discovery, learning outcomesABSTRAKBerdasarkan hasil observasi kepada siswa kelas VI SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya, sebagaian besar siswa memiliki nilai masih belum mencapai KKM. Faktor yang dianggap menjadi pemicu rendahnya hasil belajar IPA siswa, diantaranya siswa kurang memerhatikan pembelajaran. Terjadinya hal ini dikarenakan siswa menganggap pembelajaran IPA di kelas kurang menantang dan membosankan sehingga siswa kurang menaruh minat untuk memperhatikan pelajaran. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Tanjung Kota Tasikmalaya menggunakan metode pembelajaran discovery terbimbing. Jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 41 orang siswa. Pelaksanaan penelitian ini dalam dua siklus tindakan. Pada masing-masing siklus ada kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I memperlihatkan persentase siswa yang nilainya di atas KKM baru mencapai 70,73%, sehingga masih belum dapat mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 85,37%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode discovery terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar IPA.Kata Kunci: metode pembelajaran, discovery terbimbing, hasil belajar IPA

Keywords


metode pembelajaran, discovery terbimbing, hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Aly, A., & Rahma, E. (1998). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori dalam Pelaksanan Bimbingan dan Konseling Klasikal. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 1 (2), 30-44.

Fauziana. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Merawat Hewan dan Tumbuhan Melalui Discovery Terbimbing Siswa Kelas II SD Swasta Pertiwi Sabang. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Sains, 3 (1), 7-17.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Johnson, E.B. (2009). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Centre.

Marselus., Kresnadi, H., & Salimi, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1-9.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajarn dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Solihatin, E. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaram IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutiyah. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tentang Perjuangan Para Tokoh dalam Mempertahankan Kemerdekaan Melalui Pendekatan Guided Discovery Semester II SDN 2 Ngares Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (JUPEDASMEN), 1(3), 161-167.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i1.4424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: