ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA

Anggi Fitri Anggraeni, Yoni Sunaryo, Ai Tusi Fatimah

Abstract


The research is aimed at discovering the mathematical concepts of 11 th grads high school students on a three dimensional subject. The study uses a qualitative approach with case study methods. The subject of the study is the 11 th student of the Bina Putera Nusantara Tasikmalaya High School Chemical Analysis that was taken by a class of 36 people. Data retrieval includes written tests and interviews. Data analysis of the subject is classified misconceptual on each question number based on its indicator aspect. Research shows that misconceptions occure on the subject involve theoretical, classified, and corelational misconceptions. While the causes of conceptual misconceptions include a lack of accuracy in writing answers as well as reading problems, poor initial knowledge and miscalculation, associative thinking, intuition and wrong reasoning, poor students abilites, and a lack students interest in the study of mathematics primarily in three dimensional matter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pemahaman konsep matematis siswa SMK kelas XI pada pokok bahasan dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Kimia Analisis SMK Bina Putera Nusantara Tasikmalaya yang diambil satu kelas sebanyak 36 orang. Pengambilan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Analisis data dari subjek tersebut diklasifikasikan miskonsepsinya pada setiap nomor soal berdasarkan aspek indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada subjek meliputi miskonsepsi teoritikal, klasifikasional, dan korelasional. Sedangkan penyebab miskonsepsinya antara lain kurang teliti dalam menuliskan jawaban maupun dalam membaca soal, pengetahuan awal yang masih lemah dan salah, pemikiran asosiatif, intusi serta reasoning yang salah, kemampuan siswa yang masih rendah, dan rendahnya minat siswa dalam pembelajaran matematika terutama pada materi dimensi tiga.

Keywords


Kesalahan Pemahaman; Konsep Matematis; Siwa; Dimensi Tiga

References


Aledya, V. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan.

Fitriani, D.A. (2012). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pokok Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPPM). Vol. 1 No. 6 : 3-4.

Indah. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Bangun Datar Segiempat Dibedakan Dari Gaya Kognitif Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Jarmita, N. (2019). Apakah Penyebab Terjadinya Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Vol. 11 No. 1 : 49 & 53.

Johar, R, dkk. (2016). Miskonsepsi Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bilangan Desimal. Jurnal Unsyiah. Vol. 25 N0. 2: 161.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi. Vol. 1 No. 2: 4.

Ramdani. (2004). Kajian Pemahaman Matematika Melalui Etika Pemodelan Matematika. Jurnal UNISBA. Vol. 22 No. 1: 5.

Ruseffendy, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saputra, W. (2018). Deskripsi Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VII SMPN 18 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.

Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 2: 208.

Susanti, R. (2017). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V MIN Sukosewu Gandusari Blitar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i2.4670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: