ANALISIS SELF-EFFICACY MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN LINEAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING

Yoni Sunaryo, Ida Nuraida

Abstract


Pembelajaran daring merupakan solusi dari situasi pandemic covid 19 yang melanda dunia saat ini agar proses pembelajaran tetap berlangsung meskipun dosen dan mahasiswa harus berada di rumah. Pembelajaran memiliki tiga ranah capaian pembelajaran salah satunya pada ranah afektif yakni self-efficacy. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self-efficacy mahasiswa pada mata kuliah pemrograman linear dengan pembelajaran daring. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 3B Prodi Pendidikan Matematika Universitas Galuh pada mata kuliah Pemrograman Linear. Teknik pengambilan data melalui observasi, pemberian angket self-efficacy dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek magnitude (Tingkat kesulitan tugas) mahasiswa termasuk pada kategori positif, pada aspek strength (Tingkat kuat atau lemahnya keyakinan) mahasiswa termasuk pada kategori positif dan pada aspek generality (Penguasaan bidang atau tugas pekerjaan) mahasiswa termasuk pada kategori positif. 

Keywords


Kata Kunci : Self-efficacy, Linear Programming, Online Learning

References


Andrianto, R. (2019) “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0”, Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 58.

Dhull, I, S, M. (2017). “Online Learning.” International Education & Research Journal. 32–34.

Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D, V., & Walid, A. (2020). Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media Whatsapp. Jurnal DIFFRACTION, 2(2), 65-73

Handayani, F., & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa akselerasi. Character, 01(02).

Kurnia, T., & Prawira, Y. A. (2020). Pemenuhan Aspek Afektif Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Teknik Asinkronus Yang Didahului Dengan Komitmen Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5 (2), 40-44.

Nuryaninim. (2012). Self Efficacy Matematika. Online : http://www.slideshare.net/Interest_Mat ematika_2011/self-efficacy-matematis. (13 Desember 2012).

Rahmi., Febriana, R., & Gianti Elsa Putri. (2020). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Model Discovery Learning. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–34.

Suastikayasa, K. (2011). Self Efficacy Matematika Siswa. Online : http://dinastitamblang.blogspot.co.id/2013/05/selfefficacy-matematika-siswa.html. (5 Oktober 2011).

Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2019). Efektivitas Penerapan Strategi React Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 423–430.

Sukoco, H., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi The Effect of Brain-Based Learning Approach toward the Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy of Senior High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 11–24.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di mts n 2 ciamis. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 1 (2), 39 – 44.

Trifiana, A. (2020). Kunci Terwujudnya Self-Efficacy Ada pada 4 Hal Ini, Sudah Coba? [Blog post]. Retrieved from https://www.sehatq.com/ artikel/kunci-terwujudnya-self-efficacy-ada-pada-4-hal-ini-sudah-coba

Pangondian, A.P., Santosa, P.I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. Sainteks: 56—60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Yuliyani, R., Handayani, S, D.., & Somawati. (2017). Peran efikasi diri (self-efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, Jurnal Formatif, 7(2), 130-143.

Yusnilita, N. (2020). “The Impact of Online Learning: Student’s Views,” ETERNAL (English Teach. Journal), 11(1), 57–61.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i1.6777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: