PENDEKATAN SCIENTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN NOVEL SEJARAH DI KELAS XI SMA N 4 SIDOARJO

Luluk Masruroh

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan scientifik dalam pembelajaran sejarah melalui penggunaan novel sejarah. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kegiatan belajar mengajar semua mata pelajaran di SMA Negeri 4 Sidoarjo untuk kelas XI berdasarkan penerapan Kurikulum 2013 yang menekankan pada kegiatan siswa yang terpusat pada siswa (student centered). Berkaitan dengan hal tersebut kegiatan belajar mengajar Sejarah juga dituntut untuk mampu mendorong peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pelajaran Sejarah yang selama ini dianggap membosankan akan terasa lebih menyenangkan. Dalam hal ini guru mengajar materi Sejarah dengan menekankan pada kegiatan siswa dengan menggunakan novel Sejarah. Pembelajaran dengan menggunakan novel sejarah sejalan dengan kurikulum sejarah 2013 yang memakai pendekatan scientific. Hal ini dapat dilihat bahwa langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan novel sejarah intinya sama dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific. Pada langkah pertama pembelajaran novel sejarah siswa diminta untuk menentukan topik yang akan dibahas. Pada langkah yang kedua siswa menyeleksi novel sejarah yang relevan hal ini dapat dilakukan dengan saling bertanya antar siswa atau siswa kepada guru. Langkah ketiga memberikan latar belakang sejarah bagi fiksi sejarah yaitu dengan mendiskusikan berbagai hal terkait dengan isi cerita dari novel sejarah tersebut. Langkah keempat yaitu menganalisis fiksi sejarah ini digunakan dengan berbagai kegiatan pengayaan sesuai dengan kegiatan mengasosiasi. 

Keywords


Pendekatan Scientifik, Pembelajaran Sejarah, Novel Sejarah

References


Abdulah, T. 1985. Ilmu sejarah dan Historiografi (Arah dan Perspektif). Jakarta: Gramedia.

Banks, J.A. 1985. Teaching Strategies for the Social Studies, New York: Longman.

Dienaputra, Reiza D. 2012. Membuat Bangsa Ini melek Sejarah tersedia di http://serbasejarah.wordpress.com/2009/02/27/membuat-bangsa-ini-melek- sejarah/ di unduh 22 Juli 2012.

Djokosujanto, A. 2001. Novel Sejarah Indonesia: Konvensi, Bentuk, Warna dan pengarangnya. Jakarta lembaga penelitian Universitas Indonesia.

Hasan, S.H. 1996. Pendidikan Ilm Sosial. Jakarta. Dirjendikti, Dekdikbud Republik Indonesia

Hertz, S.K Using Hitorical Fiction in his The History Classroom. tersedia di www.yale- newhaven.edu[online]. Di unduh Agustus 2012.

Gunawan, Imam.

Lee,P.J. 1984. Learning History. Liverpool (Britain): Heineman Educational Book.

Modul Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA Dan SMK/MAK Sejarah Indonesia. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan

dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013

Pranoto, W, S. 2010. Teori & Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Salinan Permeikbud 81 Kurikulum 2013. 2013 Jakarta. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan

Rochmad, Saiful. 2009. Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryana, Aan. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Dokdak, Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis.

Wahidmurni. (2017).

Wineburg, S. 2006. Berfikir Historis: memetakan Masa Depan, mengajarkan masa lalu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Wiriatmadja,R. 2002. Pendidikan Sejarah, Sikap Kebangsaan, Dan Identitas Nasional, Sejarh Lokal, Masyarakat Multikultural. Historia Utama Press: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i1.6869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: