Pengaruh Penggunaan Bahasa Baku Oleh Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 5 MI Al-Huda Depok Sleman

hanif aswin, aninditya sri nugraheni

Abstract


Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan bahasa baku di MI Al-Huda perlu dipertanyakan, sehingga perlu ditanyakan secara langsung dengan narasumber terkait. Penulis mengupayakan untuk menanyakan secara langsung terkait dengan efektivitas pembelajaran menggunakan bahasa baku. Di kelas VA MI Al-Huda Depok Sleman. Setelah diadakan wawancara terkait efektivitas pembelajaran menggunakan bahasa baku membuktikan bahwa kurang efektifnya penggunaan bahasa baku dalam pembelajaran bahasa indonesia, karena materi bahasa baku yang belum diajarkan secara keseluruhan pada jenjang sekolah dasar  kelas V. Untuk itu penulis memberikan kesimpulan bahwa kurang efektifnya pembelajaran menggunakan bahasa baku disebabkan oleh materi yang belum diajarkan keseluruhan pada jenjang sekolah dasar kelas V. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Bahasa Baku

References


Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi.pdf. (n.d.). Retrieved February 13, 2022, from http://eprints.ulm.ac.id/356/1/4.%20Bahasa%20Indonesia%20Untuk%20Mahasiswa%20di%20Perguruan%20Tinggi.pdf

NIM. 8166181005 CHAPTER I.pdf. (n.d.). Retrieved May 20, 2022, from http://digilib.unimed.ac.id/31712/9/9.%20NIM.%208166181005%20CHAPTER%20I.pdf

BAB II.pdf. (n.d.). Retrieved June 1, 2022, from http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/882/4/BAB%20II.pdf

BAB I.pdf. (n.d.). Retrieved June 1, 2022, from http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/882/3/BAB%20I.pdf

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku Dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121–132. https://doi.org/10.30829/eunoia.v1i2.1136

Jamilah, J. (2017). Penggunaan Bahasa Baku dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v6i2.1603

Johan, G. M. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18, 14.

Maulida, U. (2021). KESALAHAN BERBAHASA TATARAN EJAAN, MORFOLOGI, DAN SINTAKSIS SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI BINAMADANI. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1.220

Ningrum, V. (2020). PENGGUNAAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA. Jurnal Skripta, 5(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.398

Pastika, I. W. (2013). ASPEK-ASPEK GRAMATIKAL YANG TERLEWATKAN DALAM PENYUSUNAN TATA BAHASA INDONESIA. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 134–156. https://doi.org/10.14421/ajbs.2013.12107

Prihantini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia Terlengkap. Bentang B first.

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). ANALISIS KELAYAKAN BAHASA DALAM BUKU TEKS TEMA 1 KELAS I SEKOLAH DASAR KURIKULUM 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773

Rohmawati, A. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Roito Martha Adelina Siahaan.pdf. (n.d.). Retrieved June 1, 2022, from http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/1934/Roito%20Martha%20Adelina%20Siahaan.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Setiawati, S. (2016). PENGGUNAAN KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI) DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU PADA SISWA KELAS IV SD. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1). https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1408

Sirait, Z. (2021). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK YANG TIDAK MEMENUHI BAHASA BAKU. 9.

View of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA DI SDIT CENDEKIA PURWAKARTA. (n.d.). Retrieved June 1, 2022, from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/15347/8748




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.7912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: