UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DEMONSTRASI PADA MATERI FLUIDA DI KELAS XI-1 IPA SMA NEGERI 1 PANAWANGAN

Suarman Guntara

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa (nilai) baik dalam ulangan harian, ulangan semester maupun Ujian Akhir Sekolah, yaitu di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (6,5). Rendahnya prestasi siswa dimungkinkan salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berpusat pada guru, sehingga aktifitas siswa tidak optimal. Melalui penerapan model demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa belajar Fisika yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Panawangan dengan jumlah laki-laki 20 orang dan perempuan 24 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa hasil observasi dan metode kuantitatif berupa hasil pra test dan pasca test. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) mnumnya perhatian siswa pada proses pembelajaran meningkat (2) keberanian siswa meningkat (3) Kualitas jawaban siswa meningkat (4) kesungguhan dan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan meningkat (5) kemampuan dan kejelian siswa untuk menghindari kesalahan menjawab pertanyaan guru meningkat (6) perhatian, cara, kesungguhan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang sulit maupun tidak sulit meningkat (7) siswa yang mengajukan pertanyaan, tanggapan, komentar, saran dan kritik terhadap soal yang diberikan guru meningkat (8) jumlah siswa yang memperoleh peningkatan nilai dari sebelumnya meningkat (9) jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai dari sebelumnya berkurang (10) hasil belajar siswa baik secara individual maupun kelompok mengalami peningkatan, pada siklus pertama dari rata-­rata 5,82 menjadi 7,75 pada siklus kedua, mengalami peningkatan 3,32 %. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Demonstrasi, Fluida

Full Text:

Download PDF

References


Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta.

Depdiknas. (2003). Paket Bahan Ajar Guru Fisika SMA. BPG Bandung Hidayat. (2044). Diktat Kuliah Teori Pembelajaran. Semarang. FPMIPA UNNES.

Maman Hermana. (2006). IPA Fisika. Jakarta. Piranti Darma Kalokatama.

Nurhadi. (2010). Pendekatan Kontekstual. Makalah pada Penataran Instruktur CTL Jakarta. Depdiknas.

Suyitno. (2004). Dasar Dasar Proses Pembelajaran. Semarang. FPMIPA UNNES.

Zainal Aqib. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widya.

Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pustaka Book Publisher.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran InovatifBerorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i1.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: