PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI APARATUR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Asep Setiadi

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk melihat pengaruh kepemimpinan dan kompetensi aparatur terhadap kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Kepemimpinan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Banjar dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh sedang terhadap kualitas pelayanan public. Semakin baik kepemimpinan maka akan semakin baik kualitas pelayanan publik pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Banjar; Kompetensi aparatur berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Banjar dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa Kompetensi aparatur berpengaruh sedang terhadap kualitas pelayanan public. Semakin baik Kompetensi aparatur maka akan semakin baik kualitas pelayanan publik pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Banjar; Kepemimpinan dan kompetensi aparatur berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Banjar dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan dan kompetensi aparatur berpengaruh sangat baik terhadap kualitas pelayanan public. Semakin baik Kepemimpinan dan kompetensi aparatur maka akan semakin baik kualitas pelayanan publik pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Banjar.

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Michael & Baron A., (1998). Performance Management : The New Realities, institute of personal and development. New York.

Becker, (2011). The Open Ended Approach: a New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia : NCTM.

Bubshait and Farooq, (2011). Auditor Cilent relationship and audit quality. New York.

Hayati, (2002). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Herlina, E., Syarifudin, D., & Mulyatini, N. (2018). Knowledge Transfer Dalam Konteks Spatial Creative Economy Untuk Mengurangi Kemiskinan Perdesaan di Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 273-282.

Hurriyati, Ratih, (2011). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan pertama. Bandung : Alfabeta.

Kurniawan, Panca dan Purwanto, Agus, (2006). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Indonesia. Malang: Banyumedia Publishing.

Lasmahadi, (2011). Mencapai Manajemen Berkualitas. Yogyakarta: Andi.

Martin, (2012). Some implementations of the boxplot. In: Computer Science and Statistics Proceedings of the 19th Symposium on the Interface, R. M. Heiberger, and M. Martin, eds. Alexandria, Virginia: American Statistical Association.

Nugroho, (2004). Negara, Pasar dan Keadilan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Sinambela, (2006). Reformasi Pelayanan Publik : Teori Kebijakan dan Implementasi. Cetakan kelima. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Spencer, (2010). Competence at work: Models for Superior Performance. Canada : John Wiley & Sons.

______, Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

______, Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah

______, UU Nomor 22 Tahun 1999 yang disempurnakan menjadi UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 25 Tahun 1999 yang juga disempurnakan menjadi UU Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i2.1797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________