EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Enas Enas

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang:1) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi kepribadian dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi manajerial dalam meningkatkan kinerja guru. 3) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi kewirausahaan dalam meningkatkan kinerja guru. 4) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi supervisi dalam meningkatkan kinerja guru. 5) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi sosial dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi kepribadian pada umumnya berkriteria efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. 2) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi manajerial pada umumnya berada pada kriteria efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. 3) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi kewirausahaan pada umumnya berada pada kriteria efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. 4) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi supervisi pada umumnya berada pada kriteria efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. 5) Kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari kompetensi sosial pada umumnya berada pada kriteria efektif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.

Full Text:

PDF

References


Akdon, 2000, Manajemen Stratejik untuk Manajemen Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Depdiknas, 2006, Pelaksanaan Standar Isi dan Kompetensi Lulusan, Jakarta: Permendiknas No. 24 Tahun 2006.

Jalal, Fasli, 2007, Pendidikan yang Bermutu, tersedia pada http://kemendikbud.go.id// (akses tanggal 20 Nopember 2017)

Moleong, Lexy, J., 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Mulyasa, E, 2005, Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Muhamad, 2006, Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah

Permendiknas No. 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang Kompetensi Guru

Sedarmayanti, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Sudarwan Danim, 2002, Inovasi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia

Supriadi, Dedi, 1998., Teori Hierarki Kebutuhan maslow; tersedia : http// organisasi.org/teorihierarki Maslaw. (akses tanggal 20 Nopember 2017)

Supriadi, Dedi, 1998., Teori Hierarki Kebutuhan maslow; tersedia : http// organisasi.org/teorihierarki Maslaw. (akses tanggal 20 Nopember 2017)

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).

Wahjosumidjio. 1999, Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) di Sekolah. Tasikmalaya: Tim Sosialisasi Dewan Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Wahyudi, 2009, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Galia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________