IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Dian Iskandar

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi kompetensi profesional untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kompetensi profesional guru di SMPN 1 dan SMPN 3 Padaherang Kabupaten Pangandaran dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2) Hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kompetensi profesional untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik meliputi: a) Kurangnya kompetensi dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; b) Tugas-tugas administrasi guru yang dianggap memberatkan; c) Minimnya niat guru untuk menjadi guru yang profesional; d) Guru kurang memanfaatkan waktu di sekolah untuk bertukar pengalaman dengan guru sejawat tentang pengalaman-pengalaman proses belajar mengajar (PBM) yang baik; e) Kurangnya minat guru untuk berinovasi; dan f) kurang tersedianya fasilitas pendidikan yang menunjang Proses Belajar Mengajar. 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan kompetensi profesional sebagai berikut: a) Adanya payung hukum bagi terwujudnya guru profesional, guru sejahtera, dan terlindungi berdasarkan Undang-Undang No. 14/2005; b) Meningkatkan kompetensi guru sebagai konsekuensi guru dalam profesi; c) Pemberian kesejahteraan guru melalaui peran serta pemerintah; d) Pemenuhan kebutuhan fasilitas pendidikan yang memadai dan relevan; e) Secara individu maupun kelompok harus berani memahami bahwa profesi guru itu suatu pilihan, dengan segala konsekuensinya; dan f) Guru harus diberi ruang untuk berprestasi dan diberi apresiasi apabila dapat menunjukkan kualitas dan kompetensi di atas ketentuan standar.

Full Text:

PDF

References


_______, 2008, Memahami Organisasi Pendidikan- Pemberdayaan Organisasi Pendidikan yang Lebih Profesional dan Dinamis dari Segi Aspek Desain, Budaya, Reinventing di Propinsi, Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Danim, Sudarwan. 2009. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok.Jakarta : Rineka Cipta.

Depdiknas.(2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta. Departemen

Maulinar, M. 2015. Kompetensi Guru Dalam Memotivasi Siswa Dalamproses Pembelajaran Pada SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1).

Muhaimin, A. G. 2001. Islam dalam bingkai Budaya Lokal: potret dari Cirebon. Diterbitkan atas kerjasama penerbit Logos Wacana Ilmu dengan Yayasan Adikarya IKAPI dan the Ford Fo [u] ndation.

Muhibinsyah, 2000, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2003, Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005,tentang Guru Dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Uno, Hamzah B, 2007, Profesi Kependidikan-Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Bandung: Bumi Aksara

Usman, Uzer, 2008, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, 2012, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar, Bandung Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________