Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Konsumen J.CO Donuts&Coffee Buaran Plaza di Wilayah Jakarta Timur)

Fauzi Baisyir, Melani Quintania

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Pada Konsumen J.CO Donuts&Coffee Buaran Plaza di Wilayah Jakarta Timur). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden yaitu Konsumen J.CO Donuts&Coffee Buaran Plaza di Wilayah Jakarta Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Uji F, Uji T, dan Uji analisis koefisien determinasi (R²) dilakukan sebagai analisis statistik yang harus dipenuhi dalam melakukan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, (2) Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, (3) Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, (4) Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen secara tidak langsung.

Keywords


Experiential Marketing, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Afdholy, N 2019, 'Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Pada Produk Kopi Ala Starbucks', Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial, vol 3, no. 1, pp. 43-53.

Alma, B 2018, 'Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa (Cetakan 13)'.

Berita Terkini 2019, Rapimnas Kadin Fokus Majukan Ekonomi Berdaya Saing dan Berkeadilan, viewed 4 September 2020, .

BPS 2019, 'Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2019 No. 65/08/Th.XXII, 5 Agustus 2019', Berita Resmi Statistik, Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Griffin, J 2012, Customer Loyalty, Erlangga, Jakarta.

Hanny, R & Jayadih, T 2020, 'The Effect of Service Quality to the Costumer Satisfaction on Domino’s Pizza Branch Grand Centro Bintaro, South Jakarta', sosio e-kons, vol 12, no. 02, pp. 97-106.

Herlina, E, Syarifudin, D & Kartika, R 2019, 'The local knowledge transfer based on continuous improvement implementation at SMEs group', Journal of Management Review, vol 3, no. 1, pp. 277-284.

Herlina, E, Yuliani, D, Kader, MA & Syarifudin, D 2018, 'Peningkatan Produktifitas Kerajinan Lidi Berbasis Pendampingan Desain dan Pemasaran Online', Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 8, no. 2, pp. 25-39.

Husain, T 2017, 'Blog sebagai Media Interaktif untuk Memposisikan Toko Online Berdasarkan Urutan Search Engine Optimization (SEO)', Teknologika, vol 7, no. 2, pp. 69-76.

Husain, T 2019, 'An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS)', European Journal of Scientific Exploration, vol 2, no. 6, pp. 1-9.

Husain, T & Sani, A 2020, 'Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan', JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), vol 5, no. 2, pp. 291-296.

Ilhamsyah & Mulyani, A 2018, 'Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Indomaret Bagus Kuning Plaju', Jurnal Media Wahana Ekonomi, vol 14, no. 4, pp. 24-46.

Lupiyoadi, R 2013, Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi, 3rd edn, Salemba Empat, Jakarta.

Mahesa, Q 2019, 'Pengaruh Kulaitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Minat Beli Lipstik Maybelline (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang)', e-Skripsi, Manajemen, Universitas Andalas, Padang.

Malau, H 2017, Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global, Alfabeta, Bandung.

Melviani, RE 2016, 'Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Wiki Koffie Bandung)', Skripsi, Universitas TELKOM, Bandung.

Panjaitan, DF 2017, 'Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Konsumen yang Dimediasi Variabel Kepuasan Konsumen (Studi Kasus: Fitness First Cabang Oakwood)', vol 4, no. 1, pp. 44-60.

Sudaryono 2014, Perilaku Konsumen Dalam Presfektip Pemasaran, Lentera Ilmu Cendikia, Jakarta.

Sudaryono 2016, Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Sugiyono 2017, Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi, CV. Alfabeta, Bandung.

Sunyoto, D 2012, Model Analisis Jalur untuk Riset Ekonomi, Yrama Widya, Bandung.

Tjiptono, F 2019, Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1), II edn, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Top Brand Award 2019, Accordion #1, viewed September 2020, .

Wahyuni, LI, Wahyuni, S & Widodo, J 2018, 'Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Merek pada Kartu Prabayar Simpati Telkomsel', Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol 12, no. 2.

Widiyanti, W & Retnowulan, J 2018, 'Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang Depok', Jurnal Ecodemica, vol 2, no. 1, pp. 64-73.

Wiharto, B 2016, 'Modul 1: Manajemen Pemasaran, Lingkungan dan Strategi Pemasaran', EKMA520602-M1, Universitas Terbuka, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v5i1.5137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________