KOMITMEN BAPPEDA PADA KEGIATAN MUSRENBANG RKPD DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KERJA SKPD PADA PROGRAM RPJMD DI KABUPATEN CIAMIS

Aris Rosita

Abstract


Penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman antar SKPD tidak sama terlebih adanya intervensi dari legislatif yang tidak sesuai dengan program atau kegiatan yang telah dicanangkan. Apabila terjadi mutasi maka pegawai baru butuh untuk menyesuaikan dengan lingkungan baru, serta  penempatan sumber daya manusia tidak sesuai dengan kualifikasi posisi dan jabatan yang diperuntukkan. Upaya-upaya yang dilakukan BAPPEDA untuk mengatasi hambatan dalam kegiatan Musrenbang RKPD dalam meningkatkan efektivitas kerja SKPD pada program RPJMD di Kabupaten Ciamis tahun 2015, yaitu: melakukan komunikasi yang intens dengan SKPD yang terkait, misalnya saja apabila diperlukan Bappeda bisa menghubungi masing-masing kepala SKPD secara langsung, kemudian secara pro aktif sebelum di laksanakannya Musrenbang, melakukan upaya sosialisasi terhadap masyarakat disampaikan lebih awal sebelum pelaksanaan Musrenbang berikut juga menyertakan dengan SKPD nya;  menunjukkan keikutsertaan pada pelaksanaan musrenbang dan turut serta melaksanakan sosialisasi dan pemahaman proses Musrenbang RKPD kepada semua pihak SKPD dalam setiap tahapan proses;  memperbaiki kinerja individu maupun organisasi dari tahun ke tahun, selain itu Bappeda berupaya untuk  mengadakan evaluasi dan mempertahankan loyalitas serta komitmennya untuk pencapaian program RPJMD; menjalin komunikasi yang baik dengan pihak legislatif, sehingga bila ada usulan program, maka terlebih dahulu program tersebut bisa dikaji dan bila memang sesuai dengan skala prioritas maka usulan tersebut dapat diupayakan untuk masuk pada dokumen RKPD; serta membuat program kerja  prioritas utama yang akan dengan mudah dipahami para pelaksana di lapangan.

Full Text:

Download

References


Amstrong, Michael. (2015). Personnel Management Practice, London: Kogan Page.

Brown, Mark Graham, Darcy E. Hitchcock dan Marsha L. Willard. (2014). Why TQM Fails and That to Do About It. New York: Richard D. Irwin, Inc.

Goleman, Daniel. (2010) Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo (Jakarta: PT Gramedia).

Knoop, R. (2005). Organizational Commitment and Individual Values:Perceptual and Motor Skills. USA: Journal Management.

O’Reilly, Charles. (2015). Corporations, Culture, and Commitment: Motivation and Social Control in Organizations,” Psychological Dimensions of Organizational Behavior, ed. Barry M Staw. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Peraturan Bupati Ciamis Nomor 59 Tahun 2016 Tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Robbins, Stephen P. (2015). Organizational Behavior: Concepts, Controversies, and Applications. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v1i2.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________