Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN NASKAH

(1)   Panduan Persiapan Naskah

1.1.        Persyaratan umum

Penulis yang akan mengirimkan naskah ke editor jurnal harus memperhatikan persyaratan umum di bawah ini.

  1. Naskah yang ditulis harus terkait dengan bidang ilmu sosial-ekonomi pertanian.
  2. Naskah adalah artikel asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil penelitian atau penelitian.
  3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  4. Naskah disertai dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (dwibahasa).
  5. Naskah disertai kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  6. Pengiriman naskah disertai dengan biodata penulis, seperti nama lengkap, alamat agensi (afiliasi), dan alamat email (email).
  7. Naskah dikirim melalui kiriman online di web http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/mimbaragribisnis
  8. Naskah yang dimasukkan akan dipilih oleh dewan editorial. Jika dianggap perlu, teks akan diedit dengan berkonsultasi dengan penulis.

1.2.        Format dan Sistematika

Naskah dikirim ke editor jurnal dalam bentuk softcopy (MSWord), dengan format berikut:

  1. Ukuran kertas A4 (21 cm X 29,7 cm) dengan margin: kiri 3 cm, atas 3 cm, kanan 2,5 cm, bawah 3 cm.
  2. Tebal teks setidaknya 10 halaman dan maksimal 25 halaman;
  3. Penulisan skrip diberi spasi 1,5 spasi, dua format kolom, kecuali judul, nama penulis, afiliasi, e-mail, abstrak/abstrak, daftar pustaka, judul tabel/isi tabel, judul gambar/diagram/grafik/grafik/grafik/sketsa tertulis 1 spasi;
  4. Menulis judul naskah dan judul subjek ditulis dalam huruf besar dan tebal, sedangkan penulisan subtitle ditulis dalam huruf besar dalam huruf pertama dari setiap kata, kecuali untuk kata sambung (dan, dalam, atau, dengan , dan, tentang, yang, dengan, menentang, jadi, karena, lalu), preposisi (di, ke, dari, ke, di, oleh, ke, untuk, untuk), dan tebal;
  5. Naskah ditulis dalam penulisan sistematis sebagai berikut:

(a)   JUDUL (Bahasa Indonesia, Times New Roman 12, huruf kapital dan cetak tebal). Judul harus spesifik, jelas, singkat, informatif, menggambarkan substansi atau isi tulisan, dan dapat tergoda untuk membaca. Judul tidak perlu didahului dengan kata riset/analisis/studi, kecuali kata itu subjek. Mungkin ada judul utama diikuti oleh subjudul.

(b)   TITLE (Bahasa Inggris, Times New Roman 12, huruf kapital dan huruf miring). Judul harus spesifik, jelas, singkat, informatif, menggambarkan substansi atau isi tulisan, dan dapat tergoda untuk membaca. Judul tidak perlu didahului dengan kata riset / analisis / studi, kecuali kata itu subjek. Mungkin ada judul utama diikuti oleh subtitle.

(c)    Penulis. Semua penulis ditulis dalam format berikut:

(1)           Nama Penulis (Times New Roman 12, cetak tebal). Nama lengkap tertulis tanpa judul, dan tidak boleh disingkat.

(2)           Afiliasi Penulis (Times New Roman 12). Afiliasi adalah institusi/institusi tempat penulis bekerja/belajar. Afiliasi ini terkait erat dengan kompetensi, tanggung jawab, dan konsekuensi yuridis yang dilakukan oleh lembaga asal penulis.

(3)           Alamat Afiliasi Penulis.

(4)           Email yang sesuai (Times New Roman 12).

(5)           ABSTRAK dan ABSTRACT (Times New Roman 11, cetak tebal). Isi abstrak atau abstrak (Times New Roman 11, spasi 1). Tempatkan abstrak bahasa Inggris terlebih dahulu untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia, kemudian diikuti dengan abstrak dalam bahasa Indonesia, dan sebaliknya. Abstrak berisi latar belakang/masalah utama, tujuan penelitian, metode/pendekatan, dan hasil penelitian/tinjauan literatur. Abstrak ditulis tidak lebih dari 500 kata.

(6)           Kata Kunci (Times New Roman 11, spasi 1). Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Maksimal 5 kata kunci dipisahkan oleh koma. [12 font Times New Roman spasi 1].

(7)           PENDAHULUAN (Times New Roman 12, cetak tebal). Isi pendahuluan mencakup latar belakang masalah atau masalah dan urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian empiris atau tinjauan literatur). Tujuan dari kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan pada bagian ini. Ulasan literatur yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) termasuk dalam bagian ini. [Times New Roman, 12, spasi 1,5].

(8)           METODE PENELITIAN (Times New Roman 12, cetak tebal). Metode penelitian menggambarkan desain kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analitik. [Times New Roman, 12, spasi 1,5].

(9)           HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman 12, bold). Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan / atau grafik. Bagian diskusi menjelaskan hasil pemrosesan data, menafsirkan temuan secara logis, menghubungkannya dengan sumber referensi yang relevan. [Times New Roman, 12, spasi 1,5].

(10)       KESIMPULAN DAN SARAN (Times New Roman 12, bold). Kesimpulannya berisi ringkasan singkat dari hasil penelitian dan diskusi, sedangkan saran terkait dengan kesimpulan penelitian [Times New Roman, 12, spasi 1,5].

(11)       UCAPAN TERIMA KASIH (opsional) (Times New Roman 12, tebal). Isi ucapan terima kasih dengan font Times New Roman. 12 Terima kasih harus ditulis dalam satu paragraf.

(12)       DAFTAR PUSTAKA (Times New Roman 12, cetak tebal). Isi bibliografi ditulis dalam Times New Roman 12. Bibliografi adalah sumber referensi/referensi yang digunakan sebagai bahan penulisan skrip. Menulis bibliografi menggunakan aturan APA. Penulisan dan kompilasi bibliografi menggunakan aplikasi manajer referensi Mendeley. Jumlah sumber daya yang akan digunakan sebagai referensi naskah setidaknya 10 judul literatur ilmiah (80% dari literatur primer, seperti jurnal ilmiah, karya ilmiah/prosiding, laporan penelitian, tesis/disertasi; dan 20% dari literatur sekunder, seperti buku dan blog/web ilmu internet). Referensi digunakan setidaknya 10 tahun terakhir.

 

Penulisan Tabel dan Gambar

(1)   Judul Tabel (Times New Roman 10). Isi tabel ditulis dalam Times New Roman 10. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan huruf kapital pada setiap kata, kecuali untuk konjungsi dan preposisi, dan ditulis di tengah. Tabel ditulis terus menerus, misalnya Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dll. Tabel harus diikuti oleh sumber tabel, jika dikutip dari sumber lain.

Contoh 1: Presentasi Tabel

Tabel 1. Umur Responden (Times New Roman 10)

No

Umur (tahun)

Jumlah (orang)

Persentase (%)

1

15-64

89

89,00

2

> 64

11

11,00

Total

100

100,00

 

 

(2)   Judul Gambar (termasuk diagram, grafik, bagan, sketsa, prototipe, basis data) (Times New Roman 10). Judul ditulis di bawah objek dengan huruf besar di huruf pertama dari kata pertama, sedangkan kata berikutnya ditulis dalam semua huruf kecil, dan ditulis di tengah. Objek ditulis terus menerus, misalnya Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3, dll. Objek harus diikuti oleh objek sumber, jika dikutip dari sumber lain.

Contoh 2: Penyajian Gambar

 

 

 

Gambar 1. Distribusi Efisiensi Teknis



(Times New Roman 10)

 
Jika teks teks berisi banyak gambar dan objek menjadi data penulisan utama, penulis harus mengirim file gambar asli dalam format JPEG atau PNG.

 
Penulisan Daftar Pustaka

Kutipan adalah ide atau pemikiran penulis lain (atau penulis sendiri dalam karya lain) yang digunakan sebagai sumber referensi untuk dikutip tanpa mengubah artinya. Menulis kutipan menggunakan sistem catatan untuk referensi perut / teks (tidak mengacu pada kandang), tidak menggunakan catatan kaki atau catatan akhir. Catatan perut adalah referensi dengan menuliskan nama penulis dan tahun penulisan bersama dengan halaman yang dimaksud. Informasi kutipan tulisan dituliskan dalam tanda kurung. Format penulisan kutipan Naskah jurnal dapat ditulis pada awal atau akhir kutipan. Menulis kutipan skrip jurnal menggunakan aplikasi manajer referensi Mendeley.

 

Contoh Format Penulisan untuk Mengutip Manuskrip Jurnal

(1)    Nama penulis di awal kalimat

_____
Hartinah (2012), mengatakan bahwa untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan layanan akreditasi jurnal ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menerapkan sistem teknologi informasi yang memungkinkan akses ke informasi online.

_______
Menurut Nashihuddin et al (2015), publikasi berkala ilmiah adalah publikasi yang diterbitkan secara berkala dalam periode waktu tertentu yang disusun berdasarkan aturan penulisan ilmiah.

_______

Lenkeit et al (2015), beberapa dekade terakhir telah dilihat sebagai kenaikan dari penilaian skala besar internasional, yang telah menjadi instrumen yang berpengaruh untuk menginformasikan kebijakan pendidikan. Demikian juga, mereka memainkan peran yang semakin meningkat dalam penelitian akademik. Informasi luas yang disediakan oleh survei berkaitan dengan topik penelitian yang relevan dalam berbagai disiplin ilmu. Kami meninjau dampak Kemajuan dalam Studi Literasi Membaca Internasional (PIRLS) pada penelitian akademik dan perwakilannya dalam jurnal peer-review berbahasa Inggris.

 

(2)    Nama penulis di akhir kalimat

_____
Untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan layanan akreditasi jurnal ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menerapkan sistem teknologi informasi yang memungkinkan akses ke informasi online (Hartinah, 2012).

_______
Publikasi berkala ilmiah adalah publikasi yang diterbitkan secara berkala dalam periode waktu tertentu yang disusun berdasarkan aturan penulisan ilmiah (Nashihuddin, Fathoni, dan Aulianto, 2015).

_______
Dekade terakhir telah dilihat sebagai kenaikan dari penilaian skala besar internasional, yang telah menjadi instrumen yang berpengaruh untuk menginformasikan kebijakan pendidikan. Demikian juga, mereka memainkan peran yang semakin meningkat dalam penelitian akademik. Informasi luas yang disediakan oleh survei berkaitan dengan topik penelitian yang relevan dalam berbagai disiplin ilmu. Kami meninjau dampak Kemajuan dalam Studi Literasi Membaca Internasional (PIRLS) pada penelitian akademik dan perwakilannya dalam jurnal peer-review berbahasa Inggris (Lenkeit et al, 2015).

 
Penomoran (Penanda)

Penomoran atau penandaan bagian dari naskah dilakukan berdasarkan prinsip keterbacaan yang memudahkan pembaca untuk mengikuti aturan dan memahami isi bacaan. Penomoran penulisan di bagian Naskah Jurnal hanya direkomendasikan sampai tingkat ketiga dalam subtitle dalam diskusi judul / bab, dengan ketentuan berikut:

(1)   Tingkat pertama, untuk judul diskusi dengan penanda angka Arab 1.

(2)   Tingkat kedua, untuk diskusi subtitle dengan penanda angka Arab 1.1.

(3)   Tingkat ketiga, untuk diskusi subtitel dengan angka Arab 1.1.1.

 

Di sisi lain, penulisan rincian isi manuskrip Jurnal ditulis berdasarkan ketentuan berikut.

(1)    Detail ditulis miring jika tidak ada lebih dari lima elemen dan tidak lebih dari 120 karakter.

(2)    Rincian ditulis jika lebih dari lima elemen disusun secara berurutan meskipun panjang setiap elemen belum mencapai dua garis.

(3)    Detail yang ditulis untuk samping harus menggunakan koma (,) atau titik koma (;) di antara elemen yang ditentukan. Tanda koma (,) digunakan untuk memisahkan detail elemen tunggal, sedangkan tanda koma (;) digunakan untuk memisahkan detail yang terdiri dari beberapa elemen yang menggunakan tanda (,) atau frasa (kelompok kata).

 

Rincian yang diatur ke bawah harus menggunakan angka dengan ketentuan sebagai berikut.

(1)    Rincian pertama menggunakan angka Arab 1);

(2)    Detail kedua menggunakan huruf a);

(3)    Jika masih ada detail, gunakan tanda peluru lain.


Penulisan Daftar Pustaka atau Referensi

Daftar pustaka adalah semua sumber bahan bacaan atau literatur yang digunakan sebagai kutipan naskah kutipan. Penulisan dan kompilasi naskah jurnal menggunakan aturan APA Style, yang dikelola oleh aplikasi manajer referensi Mendeley.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

(1)   Every text submitted by the author to the editorial board must be subject to the applicable policies and provisions.

(2)   The publication rights of all published/published journal manuscript material are held by the editorial board on the basis of mutual agreement with the author.

(3)   Manuscripts that are published/published electronically can be accessed for free full text for educational and research purposes. Beyond this objective, every person who accesses will be subject to sanctions in accordance with the provisions of the Copyright Law.

 

Privacy Statement

Semua naskah Jurnal Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, baik dalam versi cetak maupun elektronik, dijamin keasliannya dengan menjunjung tinggi hak eksklusif penulis. Jika ada duplikasi penerbitan, maka artikel akan dicabut/dihapus oleh dewan editor.


 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Biaya Publikasi: 500000.00 (IDR)

Mulai terbitan edisi Juli 2019 dikenakan biaya publikasi sebesar Rp 500.000 untuk artikel yang disetujui untuk dipublikasi. Biaya publikasi artikel dapat ditransfer ke nomor rekening berikut:

Bank account : Bank BNI KCP Ciamis
Beneficiary     : Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Account No.    : 0536696279

 

Silakan diemail hasil scan bukti transfer ke email berikut:

mimbaragribisnis@unigal.ac.id, mimbaragribisnis@gmail.com