KINERJA PUSAT PELATIHAN PERTANIAN PERDESAAN SWADAYA BERBASIS PESANTREN DI JAWA BARAT

Solihin Rusydi Kasdi, Iwan Setiawan, Eliana Wulandari

Abstract


Pesantren selama ini hanya diidentikkan dengan lembaga pencetak ulama atau pemikir agama. Pesantren pada saat ini telah bertransformasi menjadi salah satu lembaga penyedia sumber daya manusia (human resource) di segala bidang. Sektor pertanian merupakan lembaga yang mandapatkan manfaat perubahan tersebut melalui Pusat Pelatihan Perdesaan Swadaya (P4S) berbasis pesantren. P4S selama ini diidentikkan sebagai lembaga milik dan lahir dari keswadayaan petani, namun ternyata banyak masalah atau kendala yang dihadapi, diantaranya adalah ketergantungan terhadap bantuan pemerintah, keterbatasan jejaring kemitraan, bagaimana menjaga kontinuitas usaha, pemasaran produk, serta diversifikasi usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kinerja P4S berbasis pesantren. Analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 140 orang anggota P4S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P4S berperan dalam kategori tinggi dan sedang, yang berarti P4S kurang berperan maksimal pada sebagian kegiatan. Sedangkan kinerja P4S dalam kategori sedang, hal ini menandakan bahwa P4S tidak berkinerja baik pada semua indikator.

Keywords


P4S, Peran, Kinerja, Swadaya, Pesantren

References


Abbas, S., Rida, S., & Dewi, G. (2014). Peran Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Dalam Mencerdaskan Petani. Jakarta. Yayasan Amal Masyarakat Pertanian Indonesia. Cetakan Pertama.

Azizah, N. S. (2014). Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi. Yogyakarta: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, (1).

Coelli, T.R & Battese, G.E. (2005). An Introduction to Efficieny and Productivity Analysis. Kluwer Academic Publishers, Boston-Dordrecht-London.

Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren (Studi Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia). Jakarta: LP3S. Cetakan pertama.

Haryanto, Y., Sumardjo, Amanah, S., & Pranoto, P.C. (2017). Efektivitas Peran Penyuluh Swadaya Dalam Pemberdayaan Petani Di Provinsi Jawa Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(2): 141-154.

Indraningsih, K.S. (2016). Keterkaitan Penelitian, Pendidikan, Pelatihan, Dan Penyuluhan Dalam Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian. Prosiding Seminar Nasional Perlindungan dan Pemberdayaan Pertanian dalam Rangka Pencapaian Kemandirian Pangan Nasional dan Peningkatan Kesejahteraan Petani. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Jl. A. Yani No.70, Bogor 16161.

International Fund for Agricultural Development. (2013). IFAD and Public-Private Partnerships: Selected Project Experiences. Rome: IFAD.

Jatnika, A. (2016). Peran Kluster Kompetensi Petani fasilitator Yang Dimoderasi Empati Terhadap Efektivitas Pusat Pelatihan Pertanian Dan Perdesaan Swadaya Di Provinsi Jawa Barat. Disertasi pada Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Kompri. (2018). Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta. Prenadamedia Group. Cetakan pertama.

Rivai, R.S. & Anugrah, I.S. (2011). Konsep Dan Implementasi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Di Indonesia. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, 29(1): 13-25.

Sulistio, E.B. (2010). Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan Sumberdaya Aparatur Pemerintah Daerah. Jurnal Sosialita, 1:1-13.

Suwito, N.S. (2008). Model Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren. Purwokerto: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 6(3):63-85.

Yasid, A dkk. (2018). Paradigma Baru Pesantren; Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta. IRCiSoD. Cetakan pertama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v5i2.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: