KAJIAN PENERAPAN BUDIDAYA DAN PEMASARAN ITIK (Studi Kasus pada Kelompok Ternak Itik Putri Mandiri di Kabupaten Karawang Jawa Barat)

Asep Permadi Gumelar, Agung Rahmat

Abstract


Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengatahui: (1) Keadaan penerapan budidaya itik pada Kelompok Ternak Itik Putri Mandiri; (2) Keadaan pemasaran itik pada Kelompok Ternak Itik Putri Mandiri. Metode penelitai yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan mengambil kasus pada Kelompok Ternak Itik Putri Mandiri. Pengambilan data dilaksanaan dengan teknik wawancara secara langsung dan  analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keadaan penerapan budidaya itik pada Kelompok Ternak Itik Putri Mandiri mencangkup pemberian pakan, pengambilan telur, teknik pencahayaan dan penggunaan litter, biosekuriti dan sanitasi, program pencegahan penyakit, penanganan limbah cukup baik, walaupun masih banyak yang harus diperbaiki semisal tata letak kandang dan program pemberian cahaya; (2) Harga jual telur dalam pemasaran itik antara Rp. 1.200-Rp 1.400,- per telur dan harga itik afkir Rp.32.000- Rp.35.000 per ekor. Rantai. Penjualan ada yang langkung ke konsumen dan ada yang melalui pasar.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v1i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 MIMBAR AGRIBISNIS



___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: