KAJIAN AKTIVITAS ANGGOTA KELOMPOK DALAM PENGEMBANGAN LUMBUNG PANGAN (Studi Kasus pada Kelompok Lumbung Pangan Jambesari di Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Fitri Yuroh

Abstract


Upaya memaksimalkan agar pencapaian Program Kelembagaan Lumbung Pangan tersebut berhasil, diperlukan adanya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, salah satu upaya tersebut melalui kegiatan pembinaan bagi Kelompok Lumbung Pangan. Dengan demikian pelaksanaan program tersebut diharapkan Kelompok  Lumbung Pangan dapat menjadi kelembagaan ekonomi yang dimiliki dan dikelola petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas anggota kelompok dalam pengembangan lumbung pangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus pada Kelompok Lumbung  Pangan Jambesari di Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, jumlah anggota 25 orang sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas Kelompok Lumbung Pangan berada pada kategori tinggi.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v1i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 MIMBAR AGRIBISNIS



____________________________________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 2754011, Fax: (0265) 776787

Email: mimbaragribisnis@unigal.ac.id; mimbaragribisnis@gmail.com

Lisensi Creative Commons

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: