PEMILIHAN PASAR PETANI MANGGA SERTA DINAMIKA AGRIBISNISNYA DI KECAMATAN PANYINGKIRAN KABUPATEN MAJALENGKA PROVINSI JAWA BARAT

Widyarina Ramadhani, Elly Rasmikayati

Abstract


The purpose of this research is to describe the dynamics of mango commodity agribusiness activity, to describe the description of market selection by mango farmers, to identify factors influencing market selection, and to know the potency and constraints of mango farmers in Panyingkiran District of Majalengka in mango agribusiness activities. Quantitative research design with survey method. Data analysis was done by descriptive statistical data analysis. The results show that there has been little change in mango farming activities since the farmers started to date. The majority marketing objective is to collecting traders/middlemen chosen because of the factors of accessibility, proximity/family, cash payment system, and the prevailing means of production loan. Easy capital, good quality mango results into the potential of mango agribusiness activities while the constraints occur due to weather with high rainfall and expensive stimulants grow price. Keywords: Agribusiness Dynamics, Agribusiness System, Market Selection, Marketing Channel. ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan dinamika yang terjadi pada kegiatan agribisnis komoditas mangga, mendeskripsikan gambaran pemilihan pasar oleh petani mangga, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan pasar, dan mengetahui potensi serta kendala petani mangga di Kecamatan Panyingkiran dalam dalam kegiatan agribisnis komoditas mangga. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dinamika agribisnis komoditas mangga cenderung statis. Tujuan pemasaran mayoritas adalah ke pedagang pengumpul/tengkulak dipilih karena adanya faktor kemudahan akses, kedekatan/keluarga, sistem pembayaran tunai, dan pinjaman saprotan. Mudahnya permodalan, hasil mangga yang berkualitas baik menjadi potensi kegiatan usahatani komoditas mangga sedangkan kendala terjadi akibat cuaca dengan curah hujan tinggi dan harga ZPT mahal. Kata kunci: Dinamika Agribisnis, Sistem Agribisnis, Pemilihan Pasar, Saluran Pemasaran.

References


Aak. 1991. Mangga. Yogyakarta: Kanisius.

Agung, W. 2010. Panduan SPSS 17.0 untuk Mengolah Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Garailmu.

Amaya, Nadezda and Alwang, J. 2011. Access to information and farmer’s market choice: The case of potato in highland Bolivia. New Leaf Associates, Inc.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2015. Produksi, Ekspor, dan Impor Komoditas Mangga Indonesia Tahun 2010-2015. Diakses melalui http://bps.go.id (pada 20 Februari 2017).

Black, J.A. 1987. Dynamics of Accessibility to Employment and Travel Behaviour: A Case Study of the Journey to Work in Sydney, 1961-2011. Proceedings of International Symposium on Transport, Communication and Urban Form, Part 2, pp.129. Monash University.

Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka. 2015. Realisasi Luas tanam, panen, produksi, dan produktivitas komoditi mangga. Majalengka.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat. 2016. Produksi Buah Mangga. Jawa Barat.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Indonesia. 2017. Pengertian Ekspor. diakses melalui http://www.beacukai.go.id/arsip/pab/ekspor.html (pada 26 Pebruari 2017).

Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI. 2009. Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 02 Tahun 2009 Tentang Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. diakses melalui http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/files/ld/2009/KotaBandung-2009-2.pdf (pada 6 Pebruari 2017).

Firmansyah, Herlan & Ramdani, Dani. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII /Semester 1 dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Hendri, M. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Higgins, E.T. 1996. Knowledge activation: Accessibility, applicability, and salience. In E. T. Higgins & A. W. Kruglanski (Eds.), Social psychology: Handbook of basic principles. New York: Guilford Press.

Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iswanto, D. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Kayu Lapis Indonesia ke Jepang. Padang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Melalui http://kbbi.web.id. Diakses pada 9 Maret 2017.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2015. Produksi Mangga di Jawa Barat. Diakses melalui http://www.pertanian.go.id. (pada 20 Pebruari 2017).

Kencanaputra, R. 2014. Outlook Komoditi Mangga. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian.

Kotler, P. 2002. Marketing Management Millenium Edition, Tenth Edition. Prentice-Hall, Inc.

Malik, A. 2010. Pengantar Bisnis Jasa Pelaksana Konstruksi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Nasution, S. 2007. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Natawidjaja, et al. 2007. Horticultural Producers and Supermarket Development in Indonesia. The World Bank. Report No. 38543-ID.

Natawidjaja, Ronnie S, 2012. Understanding How Informality Works in Reality: The Case of Horticulture Sector in Indonesia. Paper presented at Meeting Small-Scale Farmers in Their Markets: Understanding and Improving the Institutions and Governance of Informal Agrifood Tradeheld in Amsterdam November 29-30, 2012.

Perdana, T. 2011. Dinamika Agribisnis (Dynamic Agribusiness). Melalui http://tomyperdana.blogspot.co.id/2011/01/dinamika-agribisnis-agribusiness.html pada 8 Maret 2017.

Pracaya. 2011. Bertanam Mangga. Jakarta: Penebar Swadaya.

Prijana. 2005. Metode Sampling Terapan. Bandung: Humaniora.

Rasyad, R. 2003. Metode Statistik Deskriptif untuk Umum. Jakarta: Grasindo.

Sa-id, E dan Prastiwi, Y. 2005. Agribisnis Syariah. Depok: Penebar Swadaya.

Sanna, L. J., & Schwarz, N. 2004. Integrating temporal biases: The interplay of focal thoughts and accessibility experiences. Psychological Science, 15, 474–481.

Santoso, Singgih dan Tjiptono, F. 2002. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sensus Pertanian 2013. 2013. Jumlah Rumah Tangga Usaha Hortikultura Jawa Barat. Diakses melalui http://st2013.bps.go.id (pada 20 Pebruari 2017).

Soekartawi. 2003. Agibisnis: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Spiegel, M.R. 2000. Statistik. Jakarta: Erlangga.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat. 2016. Standar Operasional Prosedur (SOP) Mangga Gedong Gincu Off Season Kabupaten Majalengka, Cirebon dan Indramayu. Bandung.

Statistik Daerah Kecamatan Panyingkiran 2015. 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Majalengka. Majalengka.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, S. 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suthanaya, P.A. 2009. Analisis Aksesibilitas Penumpang Angkutan Umum Menuju Pusat Kota Denpasar di Provinsi Bali. Universitas Udayana, Denpasar.

Sutono. 2008. Budidaya Tanaman Mangga (Mangifera Indica L.). Bogor: Balai Penelitian Tanah, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

United States Departement Of Agriculture. Mangoes Classification. Diakses melalui https://usdasearch.usda.gov (pada 2 Pebruari 2017).

Urquieta, R. Amaya Nadezda. 2009. Effects of access to information on farmer’s market channel choice: The Case of Potato in Tiraque Sub-watershed (Cochabamba - Bolivia). Blacksburg, Virginia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v3i2.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis



___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: