STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI STROBERI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi agroindustri stroberi “Kharisma” serta mengetahui strategi yang paling tepat dalam upaya pengembangan agroindustri stroberi “Kharisma” Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada agroindustri stroberi “Kharisma” di Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strengths,Weaknesses, Opportunities dan Threats) dan QSPM (Quantitative StrategicPlanning Matrix).Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa faktor-faktor yang menjadi kekuatan bagi agroindustri stroberi Kharisma yaitu kualitas bahan baku yang bagus, produk yang dihasilkan memiliki keunggulan rasa dan tanpa bahan pengawet, sumber daya finansial (modal) sepenuhnya berasal dari perusahaan (equity capital), penyediaan bahan baku yang efektif dan efisien serta proses produksi masih sederhana sehingga rasa lebih khas. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan bagi agroindustri stroberi Kharisma yaitu belum memiliki outlet penjualan secara khusus, promosi belum dilakukan, keterbatasan suplai tenaga kerja terampil, lokasi usaha tidak terletak di jalan utama, ketersediaan sarana produksi belum optimal dan kapasitas produksi masih kecil.Faktor-faktor yang menjadi peluang bagi agroindustri stroberi Kharisma yaitu pertumbuhan objek wisata yang cukup pesat, selera konsumen yang beragam, pemasok yang mampu menjamin ketersediaan bahan baku, adanya dukungan kebijakan atau program pemerintah bagi pengembangan agroindustri, keberadaan agen yang loyal dan budaya atau kebiasaan wisatawan atau masyarakat membeli oleh-oleh khas daerah. Faktor-faktor yang menjadi ancaman bagi agroindustri stroberi Kharisma yaitu pesaing produk agroindustri sejenis, kenaikan biaya produksi dan faktor musim yang mempengaruhi kualitas buah stroberi sebagai bahan baku.Strategi yang paling tepat dalam upaya pengembangan agroindustri stroberi Kharisma adalah strategi S-O (Strengths- Opportunities)yaitu dengan meningkatkan volume penjualan melalui optimalisasi potensi pasar wisata dan pengembangan produk.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v1i2.50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 MIMBAR AGRIBISNIS
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-7602739
Email: mimbaragribisnis@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: