NILAI ANAK DAN PERSEPSI TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SERTA HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN ANAK PETANI (Studi Kasus di Kelompok Tani Giri Senang Kabupaten Bandung)

Devia Destriyani, Rani Andriani Budi Kusumo

Abstract


The Giri Senang Farmer Group has members who on average have not completed 12 years of education. The purpose of this study is to determine the value of children for families, family perceptions of children's education, chindren’s education level, and the correlation between children's values and family perceptions of children's education with the level of children's education in the Giri Senang Farmer Group. This research uses a quantitative approach with survey methods and analysis using descriptive analysis. Determination of respondents using random sampling techniques, amounting to 34 respondents. The results showed that most of the agricultural laborers considered that children had more psychological values than social and economic values. Parents consider their children a blessing and their existence makes the family complete. Farm worker families' perceptions about children's education show that education is very important for children, but the educational level of farmworker family children in the Giri Senang Farmers Group is dominant only up to elementary school with a percentage of 45,83% and the lowest is at the college level with a percentage of 1,04%. In the correlation between children's values and family perceptions about children's education with the level of education of the family children of farm workers the Giri Senang Farmer Group has a very weak and insignificant correlation. Therefore, it is hoped that parents can actively motivate and provide insight into the importance of education for life.

Keywords


Value of Children, Perception of Education, Farmer’s

References


Astuti, Sidharta A., Ellyn N. 2017. Pemetaan Tingkat Kesejahteraan Keluarga di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 4, No. 2, Hal 20-34

Badan Pusat Statistik Jawa Barat. 2020. Angka Partisipasi Sekolah per Kota/Kabupaten di Jawa Barat Tahun 2017-2019. Jawa Barat : Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Jawa Barat. 2020. Jumlah Presentase Penduduk Miskin di Jawa Barat 2018-2020. Jawa Barat : Badan Pusat Statistik

Bahri N. M. 2013. Pengaruh Nilai Anak terhadap Perilaku Investasi Anak pada Keluarga Miskin dan Tidak Miskin. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Basrowi, Siti J. 2010. Analisis Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Pendidikan, Vol. 7 No. 2. Hal. 58-81

Fahmi S., M. Pinem. 2018. Analisis Nilai Anak dalam Gerakan Keluarga Berencana bagi Keluarga Melayu. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 10 No. 1, Hal. 112-119

Hartoyo, M. Latifah, S. R. Mulyani. 2011. Studi Nilai Anak, Jumlah Anak yang diinginkan, dan Keikutsertaan Orang Tua dalam Program KB. Jur. Ilm. Kel. & Kons., Vol. 4 No. 1, Hal 37-45

Hariyati W. 2015. Makna Pendidikan Anak bagi Keluarga Petani Sawit di Desa Rambah Jaya Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip, Vol. 2 No. 2

Hastuti R. 2011. Analisis Nilai Anak, Kualitas Pengasuhan, dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah pada Keluarga Petani Karet dan Kelapa Sawit di Kabupaten Bungo. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor

Hoffman L. W., A. Thornton, J. D. Manis. 1978. The Value Of Children to Parents in The United States. Journal of Population, Vol. 1 No. 2

Istiqomah Eni.2014. Nilai Anak pada Keluarga Petani Kelapa Sawit. Jom FISIP, Vol. 1 No. 2. Hal 1-15

Kagitchibasi, C. 2004. The Value of Children : A Key to Gender Issues. From:

www.healthnet.org.np/pediatric/kag.html.

Kasnodihardjo. 2014. Nilai Anak dalam Keluarga dan Upaya Pemeliharaan Kesehatannya (Suatu Study Etnografi di Desa Gadingsari, Kabupaten Bantul. Jurnal Ekologi Kesehatan, Vol. 13, No. 4, Hal 354-362.

Kohlmann, Annette. 2002. Fertility Intentions in a Cross-Cultural View: The Value of Children Reconsidered.

Mustamin S. H. 2013. Faktor-Faktor Pengaruh Tingkat Pendidikan Anak di Pemukiman Kumuh Kota Makassar. Lentera Pendidikan, Vol. 12 No. 2. Hal 151-165

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. I, No. 1, Hal 25

Prasanti D.P. 2013. Nilai Anak pada Ibu dengan Status Sosial Ekonomi Tinggi Ditinjau dari Etnis Jawa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2 No.3. Hal 1-14

Pratiwi D. S., Ajeng A.W., Mria M. R. 2018. Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga. Satya Widya, Vol. 34 No. 1, Hal 39-49

Pratiwi N. K. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Vol. 1 No.2, Hal. 75-105

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Jumlah Siswa Putus Sekolah Menurut Tingkat Tiap Propinsi. Jakarta Pusat : Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan

Rofi Sofyan. 2018. Pandangan Keluarga Petani terhadap Pendidikam Anak. TARLIM, Vol. 1 No. 1

Sardi, J,.Hasbiullah. 2016. Pengaruh Pendapatan Petani Terhadap Tingkat Pendidikan Anak di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu. Vol. 3, No. 1, Hal 58-70

Sari S. M. Refti H. L. 2017. Persepsi Nilai Anak Dalam Pengaturan Kelahiran pada Pasangan Usia Subur. Paradigma, Vol 05 No. 1. Hal. 1-7

Simpsons, J. 1999. The Envolving Value of Children.

Siregar. Nina. S.S. 2013. Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, Vol. 1 No.1, Hal. 11-27

Siswanto. Agus. 2017. Pelaksanaan Program Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bantul. Jurnal Hanata Widya Vol. 6 No. 7, Hal 55-65

Susanti D., N. H. Listiana, T. Widayat. 2016. Pengaruh Umur Petani, Tingkat Pendidikan, dan Luas Lahan terhadap Hasil Produksi Tanaman Sembung. Vol. 9 No.2, Hal. 75-82

Solina. Wira. 2017. Persepsi Orang Tua tentang Pendidikan. Konselor, Vol. 6 No.3, Hal. 91-95

Tapondhadhai A. T., Ansofino, Ranti N. 2012. Persepsi Masyarakat Petani Kelapa terhadap Pendidikan Tinggi Anak di Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, Vol. 1 No. 2. Hal 102-108

Trommsdorff G., B. Nauck. 2005. The value of children in cross-cultural perspective. Case studies in eight societies.

Waki A. 2017. Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan INKLUSIF Sekolah Dasar di Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Jurnal Basicedu, Vol.1 No. 1. Hal. 79-83

Zulfitri. N. M. 2013. Studi Deskriptif : Nilai Anak Bagi Orang Tua yang

Memiliki Anak Tunggal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2 No. 2, Hal. 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v7i2.5038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: