KAJIAN KARAKTERISTIK, PERILAKU DAN FAKTOR PENDORONG PETANI MUDA TERLIBAT DALAM AGRIBISNIS PADA ERA PASAR GLOBAL

Elly Rasmikayati, Iwan Setiawan, Bobby Rachmat Saefudin

Abstract


Pasar produk pertanian telah berubah secara signifikan, yang tadinya bersifat tradisional, sekarang sudah lebih modern dan bersifat global. Demikian juga dengan petaninya, yang tadinya digambarkan petani Indonesia adalah sudah pada tua dan jenuh, sepertinya tidak sepenuhnya benar. Terdapat proses regenerasi, ada kecenderungan bahwa petani muda yang terlibat di agribisnis sudah mulai meningkat kuantitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Karakteristik Petani Muda pelaku agribisnis, 2. Perilaku beragribisnis petani muda, 3. Faktor-faktor yang mendorong mereka untuk terjun di bidang agribisnis. Metode penelitian yang dilakukan adalah survey yang diperkaya dengan FGD. Ukuran sampel sebanyak 280 orang. Berasal dari 3 lokasi terpilih di Jawa Barat. Analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, cross-tabulasi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Petani muda pelaku agribisnis umumnya berpendidikan lebih tinggi, dan berpengalaman tidak hanya di bidang pertanian tapi juga bidang non-pertanian. 2). Perilaku agribisnis petani muda, walaupun masih memiliki kelemahan pada sisi kualitas dan belum berdaya saing, mereka umumnya sudah melaksanakan agribisnis yang lebih modern. 3). Terdapat beberapa factor utama yang mendorong para petani muda untuk terlibat di bidang agribisnis, diantaranya faktor lembaga penyuluhan, perusahaan agribisnis, komunitas dan dukungan keluarga.Kata kunci : petani muda, pasar global, perilaku agribisnis

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2012. Analisis Potensi Pemuda Indonesia. Jakarta (ID): BPS.

[CCMA] Central Coast Mariners Academy. 2005. Youth Development. http://ccmacanada.org

[ILO] International Labor Organization. 2008. Global Employment Trends, Update 2009. Geneva: International Labour Office. Inkeles and Smith. 1974. Becoming Modern: Individual in Six Developing Countries. Massachusetts (US): Harvard University Press

[PBB] Perserikatan Bangsa-Bangsa. 2002. Promoting Youth Employment”, Which Calls Upon Member States to Prepare National Reviews and Action Plans on Youth Employment. Wahington DC (US): United Nations Programme on Youth.

Creswell JW. 2009. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. Sage Publications Inc. USA.

Florida, Richard. 2003. Cities and The Creative Class. New York (US): Routledge

Howkins J. 2001. The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London (GB): Penguin Books.

Rasmikayati. E. 2015. Dampak Perubahan Iklim terhadap Perilaku dan Pendapatan Petani. Jurnal Manusia dan Lingkungan. Vol. 22, No. 3, November 2015: 372-379.

Rasmikayati. E., dan Djuwendah. E. 2015. Partisipasi Petani pada Pasar Lahan (Studi Kasus pada Petani Kentang Jawa Barat). Jurnal Agrisep. Vol. 16, No. 1, Juni 2015: 10-19.

Rasmikayati. E., dan Faizal. A. 2015. Dinamika Produktivitas Padi Ditinjau dari Fluktuasi Susut Hasil serta Faktor Sosial, Ekonomi dan Budaya yang Mempengaruhinya. Jurnal Agricore. Vol. 1. No. 2, Desember 2016: 41-52.

Setiawan I. 2012. Agribisnis Kreatif: Pilar Wirausaha Masa Depan Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v3i2.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis



___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: