ANALISIS TEKANAN PENDUDUK TERHADAP PETANI PADI SAWAH

Anne Herlindawati, Lucyana Trimo, Trisna Insan Noor

Abstract


Pertanian merupakan salah satu sektor penting di Indonesia, karena sektor pertanian mempunyai peranan dari keseluruhan perekonomian nasional guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, kawasan perkotaan mengalami perkembangan yang mengarah kepada industrialisasi yang menyebabkan terjadinya konversi lahan pertanian menjadi kawasan yang berbasis bisnis dan memicu terjadinya percepatan migrasi yang merupakan sebuah tantangan karena dapat menimbulkan permasalahan kependudukan akibat terjadinya laju pertumbuhan penduduk. Laju pertumbuhan penduduk terjadi dengan sangat cepat. Tingginya laju pertumbuhan penduduk mendorong semakin meningkatnya kebutuhan lahan untuk perumahan, industri dan jasa, ditambah dengan adanya rencana pembangunan pelabuhan berskala Internasional yang merupakan proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Cilamaya tentunya akan kembali menggerus lahan pertanian yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan penduduk dan menyebabkan berkurangnya lahan pertanian sehingga berpengaruh terhadap daya dukung lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat tekanan penduduk serta tingkat daya dukung lahan di Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik survei dengan mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Cilamaya Kulon. Metode perhitungan menggunakan rumus Otto Soemarwoto Model III. Hasil penelitian secara umum di Kecamatan Cilamaya Kulon telah terjadi tekanan penduduk dengan nilai rata-rata TP 2,99 dan nilai rata-rata DDL 0,03 yang menunjukkan bahwa Kecamatan Cilamaya Kulon memiliki nilai daya dukung lahan yang relatif rendah.Kata Kunci : daya dukung lahan, laju pertumbuhan penduduk, migrasi, pembangunan, tekanan penduduk.

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang, 2016. Kabupaten Karawang Dalam Angka. Karawang. BPS.

BKKBN. 2012. Buku Pegangan Tenaga Penggerak Desa/Kelurahan. Jawa Barat.

Daldjoeni, N. 1989 Masalah penduduk dalam fakta dan angka. Bandung: Alumni.

J.P. Malingreau, J. P., Mangunsukarjo, K. 1978. Evaluasi lahan dan Pendekatan Terpadu untuk Pembangunan Pedesaan. Puspics- Bakosurtanal, Yogyakarta

Mantra, I.B. 2003. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muta‘ali, L. 1993. Analisis Daya Dukung Lingkungan untuk Perencanaan Pengembangan Wilayah Kabupaten Kebumen. Fakultas Geografi UGM. Yogyakarta.

Prawiro, H. R. 1983. Kependudukan Teori, Fakta dan Masalah. Bandung: Alumni.

Rina Dwi Ariani dan Rika Harini. Tekanan Penduduk Terhadap Lahan Pertanian Di Kawasan Pertanian (Kasus Kecamatan Minggir dan Moyudan).

Ruhimat, M. 2015. Tekanan Penduduk Terhadap Lahan di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. GEA Jurnal Pendidikan Geografi, 15(2): 59-65.

Rusli, S. 1982. Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta: LP3ES.

Rusli, S., Widono, S., dan Indriana, H. 2009. Tekanan Penduduk dan Overshoot Ekologi Pulau Jawa, dan Masa Pemulihannya. Jurnal Sodalit, 3(1).

Soemarwoto, O. 1983. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung: Djambatan.

Soerjani, M. 1987. Lingkungan Sumber Daya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v4i1.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 MIMBAR AGRIBISNIS: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis



___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: