IMPLEMENTASI PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA GUNA MEREDUKSI WASTE PADA PRODUKSI BISKUIT DI PT XYZ

Khoirunisa Ubaynakum, Roni Kastaman, Totok Pujianto

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan di Jawa Barat yang memproduksi produk pangan khususnya biskuit. Proses produksi biskuit di PT XYZ perusahaan masih mengalami kendala yang berkaitan dengan waste. Metode lean six sigma diaplikasikan untuk membantu mengurangi waste yang terjadi di PT XYZ. Metode ini menggunakan kerangka kerja DMAIC (define, measure, analyze, improve, dan control) dibantu dengan beberapa tools seperti value stream mapping, E-DOWNTIME waste, nilai sigma, cause and effect diagram, dan Failure Mode and Effect Analysis. Value stream mapping menunjukkan hasil process Cycle Efficiency (PCE) dari 1 batch yang dihitung adalah 80,66% yang berarti 19,34% sisanya adalah non value added time. Non value added  time ini menunjukkan adanya kemungkinan waste yang terjadi di PT XYZ. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, waste defect, waiting, dan transportation menjadi jenis waste yang paling sering terjadi dan berpengaruh terhadap produksi biskuit di PT XYZ. Hasil kuesioner FMEA menunjukkan waste defect dengan potential cause kanvas tidak seamless memiliki nilai RPN paling tinggi, lalu RPN tertinggi waste waiting  adalah potential cause operator lalai serta kurang memperhatikan setelan mesin sehingga middleseal dan endseal mesin tidak pas, sedangkan waste transportation dengan RPN tertinggi adalah potential cause tata letak yang tidak efisien sehingga menambah leadtime produksi. Usulan perbaikan yang diberikan penulis adalah membuat master schedule maintenance, membentuk tim pengawas lapangan, mengganti kanvas menjadi seamless, dan membuat mapping layout area gudang.

Keywords


Produktivitas, Operasi

References


Arifin, Miftachul, and Hari Supriyanto. 2012. “Aplikasi Metode Lean Six Sigma Untuk UsulanImprovisasi Lini Produksi Dengan Mempertimbangkan Faktor Lingkungan. Studi Kasus: Departemen GLS (General Lighting Services) PT. Philips Lighting Surabaya.” JURNAL TEKNIK ITS Volume 1:477–81.

Dal Forno, Ana Julia, Augusto Pereira, Fernando Antonio Forcellini, and Liane M. Kipper. 2014. “Value Stream Mapping: A Study about the Problems and Challenges Found in the Literature from the Past 15 Years about Application of Lean Tools.” The International Journal of Advanced Manufacturing Technology, Springer Verlag London 71(5–8).

George, Michael L. 2002. Lean Six Sigma: Combining Six Sigma Quality with Lean Production Speed. New York: Mc-Graw-Hill.

Mustofa, Heri Murnawan. 2014. “Perencanaan Produktivitas Kerja Dari Hasil Evaluasi Produktivitas Dengan Metode Fishbone Di Perusahaan Percetakan Kemasan Pt.X.” Heuristic 11(1).

Powell, T. C. 1995. “Total Quality Management.” Strategic Management Journal 16(1):15–27.

Rahayu, Arum Rediawati. 2016. “Implementasi Metode Lean Six Sigma Untuk Mereduksi Waste Pada Produk Pasted Kraft Di PT Industri Kemasan Semen Gresik.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v9i1.8249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khoirunisa Ubaynakum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: