PENENENTUAN KAWASAN UNGGULAN AGRIBISNIS TERNAK DOMBA DI JAWA BARAT

Achmad Firman, Linda Herlina, Maman Paturochman, M Munandar Sulaeman

Abstract


Perkembangan ternak domba di wilayah Jawa Barat tidak terlepas dari dukungan potensi wilayah dan kultur beternak masyarakat. Terdapat beberapa wilayah di Jawa Barat sebagai sentra pengembangan ternak domba. Namun, apakah sentra-sentra tersebut telah sesuai dengan daya tampung dan menjadi wilayah unggulan ternak domba. Oleh karena itu penelitian ini ditujukkan untuk melihat daya tampung wilayah terhadap ternak domba, wilayah unggulan ternak domba, dan wilayah pengembangan ternak domba di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Lokasi yang dijadikan tempat studi adalah Provinsi Jawa Barat. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa wilayah-wilayah di Jawa Barat yang memiliki Indeks Daya Dukung (IDD) hijauan berkateogri aman sebanyak 22 kabupaten/kota. Sedangkan wilayah-wilayah yang masuk kategori ternak domba sebagai ternak unggulan (LQ > 1) ada sebanyak 13 kabupaten/kota. Akan tetapi, berdasarkan hasil 2 analisis, yaitu IDD dan LQ menunjukkan hanya 8 kabupaten dan 3 perkotaan (Kota Bogor, Kota Sukabumi, dan Kota Cirebon) yang berpotensi untuk pengembangan ternak domba ke depan.Kata Kunci: Wilayah, Pengembangan, Domba, Daya Tampung, Komoditas Unggulan 

References


Atmiyati. 2006. Daya Dukung Hijauan Pakan Terhadap Pengembangan Ternak di Kabupaten Sambas. Tenm Teknis Nasional Tenaga Fnngsional Pertanian 1006. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Kementerian Pertanian. Bogor.

Badar, G.A., Rayahu, S. dan Kuswaryan S. 2014. Faktor Teknis dan Ekonomi yang Mempengaruhi Penerimaan Usahaternak Domba yang Digembalakan. Students e-journals, 4(1): 1-14.

Dinas Peternakan Kabupaten Garut. 2015. Domba Garut. http://www.garutkab.go.id/pub/static_menu/detail/khas_pk_domba.

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat. 2013. Kajian Budidaya Ternak Domba di Jawa Barat Bagian Selatan. Laporan Penelitian. Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH). 2016. Statistik peternakan dan kesehatan 2016. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian. Jakarta (Indonesia): Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Firman, A., Linda, H., Alim, S. 2014. Pemetaan Sosial Ekonomi Akibat Limbah Kotoran Ternak di Sekitar Badan Pengembangan Agribisnis Cikadu. Laporan Penelitian. [Cianjur (Indonesia)]. Kerjasama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Food and Agriculture Organization (FAO). 2002. Conserving and Developing Farm Animal Diversity. Rome: Secretariat of The Report on The State of The Word’s Animal Genetic Resources. FAO. Roma.

Hendayana, R. 2003. Aplikasi Metode Location Quotient dalam Penentuan Komoditas Unggulan Nasional. Informatika Pertanian, 12: 1-21.

Jarmuji. 2010. Produksi Susu Induk Terhadap Pengaruh Pertambahan Bobot Badan, Bobot Sapih Dan Daya Hidup Anak Domba Ekor Tipis Jawa Periode Prasapih. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 5(1): 34-42.

Juarini, E., Sumanto, Wibowo, B. dan Suratman. 2011. Daya Dukung Hijauan Pakan untuk Pengembangan Ternak Sapi Potong dan Kerbau dalam Mendukung PSDS/K Tahun 2014 di Kabupaten Lebak. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Kementerian Pertanian. Bogor (Indonesia): Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Silaban, L.H., Edwina, S., Eliza. 2015. Analisis Sektor Basis dan Perkembangan Sektor Pertanian di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau Tahun 2008-2012. Jom Faperta, 2(1), Februari 2015.

Sudarmono, A.S dan Sugeng, Y.B., 2008. Budidaya Ternak Domba. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sumoprastowo, R.M. 1987. Beternak Domba Pedaging dan Wol. Bogor: Departemen Ilmu Makanan Ternak, IPB.

Syamsu, J.A., Sofyan, L.A., Mudikjo, K. dan Said, E.G. 2003. Daya Dukung Limbah Pertanian sebagai Sumber Pakan Ternak Ruminansia di Indonesia. Jurnal Wartazoa, 13(1): 30-37.

Tanuwiria, U.H., Musawir, A. dan Yulianti A. 2007. Potensi Pakan Serat dan Daya Dukungnya Terhadap Populasi Ternak Ruminansia di Wilayah Kabupaten Garut. Jurnal Ilmu Ternak, 7(2): 117-127.

Tiesnamurti, B., Asmarasari, SA. 2006. Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik Domba Ekor Gemuk. Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Perlindungan Sumber Daya Genetik di Indonesia: Manfaat Ekonomi untuk Mewujudkan Ketahanan Nasional. Balai Penelitian Ternak, Bogor (Indonesia). Balai Penelitian Ternak.

Tiwow HAL, Panelewen VVJ, Mirah AD. 2016. Analisis Potensi Daya Dukung Lahan Untuk Pengembangan Sapi Potong Di Kawasan Pakakaan Kabupaten Minahasa. Jurnal Zootek, 36(2): 476-486.

Williamson, G. dan W.J.A. Payne, 1993. Pengantar Peternakan di Daerah Tropis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ma.v4i1.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mimbar Agribisnis



___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-7602739

Email: mimbaragribisnis@gmail.com

 

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis diindeks oleh: