KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN PADA ERA GLOBALISASI (Kajian tentang Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia)

Regi Refian Garis

Sari


Kepemimpinan adalah suatu sifat yang berani dan bisa mengambil suatu keputusan yang bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan moral dan logikanya. Baik adalah dari ukuran moral bagi pemimpin pemerintah sedangkan kebenaran adalah ukuran logika kepemerintahan, mereka yang mengandalkan logika tanpa moral cenderung tirani dalam kekuasaannya. Sedangkan mereka yang mengendalikan moral tanpa logika akan membiarkan masyarakat bertindak anarkis. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukan bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan pemimpin jujur, lahir dari golongan muda serta demokratis dalam cara pandang menyelesaikan sebuah permasalahan. Pemimpin organisasi di Indonesia apapun jenisnya  harus dilandasi pada nilai-nilai pancasila sebagai landasan falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kata Kunci: Pemimpin, Kempemimpinan, Pemerintahan

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Garvera, R. R. (2017). Evaluasi Program Raskin Oleh Tim Koordinasi Raskin Kecamatan Di Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. MODERAT (Modern dan Demokratis), 3(2), 79-98.

Kartono, Kartini. (1994). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Pemimpin Abnormal Itu ?. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nursetiawan, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Lurah Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Deskriptif Kuantitatif Di Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). MODERAT (Modern dan Demokratis), 3(2), 131-143.

Sari, P. (2017). Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Prasejahtera. Moderat (Modern dan Demokratis), 3(2), 99-107.

Winarno, Narmoatmojo. (2010), Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (civic education). Yogyakarta: Ombak.

Titik Ronani. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3.

Taufan&Siti. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen.Vol 5.

Dodik & Wasis. (2017). Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Dalam Prespektif Masyarakat Multikultural. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Unipma.

Udogu, E. Ike. (2008). “The issue of political leadership in the third world: what is to be done?” dalam Journal of Third World Studies. Maret 2008. Georgia: Department of History and Political Science, Georgia Southwestern State University.

Tanti, D. S. Wacana Kepemimpinan Indonesia Masa Depan Dalam Media Massa. Artikel. Mercubuana.

Wiratmadja, Adi. G.K (1995). Kepemimpinan Hindu. Denpasar: Yayasan Dharma Naradha.

Saputra, Wisnu. (2015). Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Artikel: Kompasiana.

Anoraga, Pandji. (2003). Psikologi Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustika, Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional.

Dokumen:

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v4i1.1077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.