PENGARUH REVIEW ATAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN

Purnama Sari

Sari


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Review atas Laporan Keuangan Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan (Penelitian pada Inspektorat Kota Banjar).Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana pelaksanaan reviu atas laporan keuangan yang dilakukan oleh Inspektorat kota Banjar?; (2) Bagaimana kualitas pelaporan keuangan Dinas/Lembaga/Badan/Kantor lingkup Pemerintah Daerah Kota Banjar setelah di reviu oleh Inspektorat Kota Banjar?; (3) Bagaimana pengaruh reviu atas laporan keuangan terhadap kualitas pelaporan keuangan Dinas/Lembaga/Badan/Kantor lingkup Pemerintah Daerah Kota Banjar setelah di reviu oleh Inspektorat Kota Banjar? Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan teknik penelitian sampel (seluruh populasi dijadikan sampel penelitian). Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi dan Uji Hipotesis menggunakan (Uji t). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Reviu atas Laporan Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Dinas/Lembaga/Badan/Kantor lingkup Pemerintah Daerah Kota Banjar setelah di reviu oleh Inspektorat Kota Banjar dengan besarnya pengaruh sebesar 97% sedangkan sisanya 3% dipengaruhi faktor lain. Kata Kunci: Reviu atas Laporan Keuangan, Kualitas Pelaporan Keuangan

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Amalia. 2014. Pengaruh Auditor Internal Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Pada Bank Perkreditas Rakyat di Jawa Tengah. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastian, I. 2010. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Chariri, A dan Ghozali, I. 2007. Teori Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Cooper, D.R& Schindler, P.S. 2006.Bussines Research Methods. 9th edition. McGraw-Hill International Edition.

Dechow, P and Dichev, I. 2002. The Quality of Accruals and Earnings: The Role of Accrual Estimation Errors. The Accounting Review 77.

Indriantoro, N. & Supomo, B. 2002. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Gunung Persada Press.

Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP). 2006. Modul Standar Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kurrahman & Wilantari. 2012. Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Bagian Kantor Direksi PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: ANDI.

Pennington, G. Randy. 2003. Change performance to change the culture. Industrial and Commercial Training. 35, 6/7, ABI/INFORM Global.

Santosa, B. 2007. Data Mining Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, SP & Witono, B. 2014. Keterandalan dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Daerah Ditinjau Dari Sumber Daya Manusia, Pengendalian Internal dan Pemanfaatan Teknologi Informasi. Seminar Nasional dan Call of Papper. ISBN: 978-602-70429-1-9.

Scott, W. R. 2009. Financial Accounting Theory. Fifth Edition. Canada:Prentice Hall.

Silalahi, U. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Wilkinson, J. 2008. Accounting Information System Essential Concept and Application 4 Edition. New York, USA: John Willey & Sons Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v4i1.1083

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.