DORMANSI ORGANISASI DI ERA GLOBALISASI

ARI KUSUMAH WARDANI

Sari


Perkembangan dan kemajuan zaman memaksa sebuah organisasi untuk adaptif terhadap segala perubahan, baik perubahan dari lingkungan internal maupun dari lingkungan eksternal. Tidak jarang dengan perubahan yang terjadi secara signifikan banyak organisasi yang sulit adaptif dan menjadi tidak produktif, serta akhirnya tidak dapat mencapai keberhasilan. Banyak faktor yang menjadi penghambat bagi organisasi untuk maju dan berkembang. Sehingga dalam penelitian deskriptif kualitatif ini penulis mencoba menganalisis sampai dengan hal yang mikro. Faktor penghambat dari organisasi untuk maju, diantaranya blockage organisasi dan uncreative organization. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan organisasi semakin mengalami kemunduran. Beberapa faktor yang menyebabkannya, yaitu: (1) Pemimpin hanya sibuk dengan kepentingan lain dan mengindahkan kepentingan yang penting untuk kemajuan organisasi;(2) Adanya kegagalan dalam membuat sebuah produk kebijakan dan menghambat pada pelayanan terhadap pelanggan;(3) Kurang adaptifnya perusahaan terhadap kemajuan dan perubahan lingkungan eksternal suatu organisasi; (4) Semangat kerja yang rendah dan ditunjukkan oleh rendahnya produktivitas dari pegawai; (5) Penggunaan sumber daya menjadi terpecah karena tidak fokus terhadap program dan kegiatan yang menjadi priorotas; dan (6) Pertanggungjawaban yang tidak jelas menyebabkan beberapa program organisasi menjadi tersendat.  Kata Kunci:   Organisasi, Budaya Organisasi, Efektivitas Organisasi, dan Globalisasi

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Gammahendra. F, Dkk. (2014). Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi (Studi terhadap Persepsi Pegawai Tetap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).7.(2).1-10.

Irawati, Dwi (2004). Revitalisasi Organisasi Melalui Perubahan Budaya. Jurnal Manajemen Maranatha.3.49-57.

Linawati (2003). Sosialisasi Budaya Organisasi: Strategi Implementasi Nilai-nilai Budaya Organisasi. Jurnal Bisnis.1.(1).16-28.

Lubis, Lahmuddin. Dkk. (2017). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Komunikasi antar Pribadi terhadap Kinerja Yayasan Ar-Risalah Al-Khairiyah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.At-Balagh.1.(1).120-132.

Rachman, Fathor (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Prespektif Al- Qur’an dan Hadith.Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman.1.(2).291-323.

Steers, Richard. M (1980). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajamen.

Wulandari, Windy. G., Dkk. (2012). Peran Kreativitas dalam Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Pekanbaru: Proceedings Temu Ilmiah Psikologi Sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v4i3.1691

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.