PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA-KEWIRAUSAHAAN (PMK-K)

Pratiwi Ramlan, Rifni Nikmat

Sari


Pendidikan kewirausahaan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa karena dapat membentuk pola pikir, perilaku dan sikap sehingga dapat menjadi seorang wirausahawan, yang nantinya akan mengarahkan mereka untuk memilih karir sebagai seorg wirausaha (entrepreneur).  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Program Kreativitas Mahasiswa di bidang kewirausahaan. Untuk mengkaji dan menganalisis strategi peningkatan minat wirausaha mahasiswa melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative research). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa untuk membuat Program Kreativitas Mahasiswa, jika tidak memiliki ide kreatif, mahasiswa dapat melakukan sistem ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Konsep atau gagasan PKM tidak mesti rumit, yang penting dapat bermanfaat untuk masyarakat luas, membahas isu global yang sekarang terjadi dan mengangkat kearifan lokal. Selain itu, dorongan dan bimbingan dari dosen-dosen pendamping dapat membantu mengembangkan ide kreatif mahasiswa. Pengadaan forum pertemuan berupa seminar wirausaha akan mampu membangkitkan minat berwirausaha mahasiswa. Pemberian informasi mengenai PKM dari  sangat dibutuhkan mahasiswa. Selain ide kreatif, kompetensi juga amat dibutuhkan untuk kelancaran Program Kreativitas Mahasiswa terkhusus dibidang kewirausahaan.


Kata Kunci


Kewirausahaan; PKM; Minat Mahasiswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik Teori dan Aplikasi.Gava Media. Yogyakarta.

Andreas, Harefa. 2004. Inovasi Kewirausahaan Untuk Semua Orang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT.Rajaggrafinda Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aritonang, Keke Taruli. 2013. Pengintegrasian Pendidikan Kewirausahaan Melalui

Pembelajaran Terpadu Berbagai Disiplin Ilmu. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.12(21), pp: 63-77.

Basrowi. 2011. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Basrowi. 2014. Kewirausahaan untuk Perguruaan Tinggi. Bogor: PT .Ghalia Indonesia.

Daryanto. 2012. PendidikanKewirausahaan. Yogyakarta:Gava Media.

Emzir. 2010. Metodelogi Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Lieli, Suharti dan Sirine Hani. 2011.Faktor-Faktor Yang Berpengaruh terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.13, No. 2,pp. 124-134.

Meredith, Gooeffrey G. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: IKAPI.

Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2011. Kewiraushaaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2678

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.