KUALITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT UMUM DR. SOEKARDJO KOTA TASIKMALAYA

CITRA AGUSTINA

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jaminan layanan kesehatan bagi pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang kurang mendapatkan kualitas  layanan yang sesuai harapan, pelayanan yang berbelit-belit dan ketepatan waktu pelayanan yang berkaitan dengan waktu tunggu dan proses tidak konsisten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Umum Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Sumber data primer yaitu 7 orang yang diwawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Umum Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya belum dilaksanakan dengan memuaskan. Hal ini disebabkan dari 5 dimensi yaitu bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Yang telah telah dilaksanakan dengan memuaskan yaitu dimensi keandalan (reliability), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Sedangkan yang belum dilaksanakan dengan memuaskan yaitu bukti langsung (tangible) dan daya tanggap (responsiveness).  

Kata Kunci


Kualitas; Pelayanan; Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


a. Sumber Buku

Hardiansyah. 2015. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Moleong, J Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya.

Moenir, A. S. 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2016. Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model dan Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono Fandi. 2015. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi.

b. Perundang-undangan

Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS

Permenkes Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2715

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.