PELAKSANAAN PERAN TPD (TENAGA PENGGERAK DESA) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN ALAT REPRODUKSI PASANGAN USIA SUBUR DI DESA PANANJUNG KECAMATAN PANGANDARAN KABUPATEN PANGANDARAN

DINI YULIANI

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan peranan Tenaga Penggerak Desa (TPD) dalam upaya peningkatan kesehatan di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran masih belum optimal. Diindikasikan dengan rendahnya tingkat pemahaman dan penguasaan yang kurang dikuasai secara maksimal dan tingkat sosialisasi yang masih dapat dikatakan kurang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan rumus slovin dengan tekhnik probablility sampling diperoleh sampel sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dengan menguraikan dan menginterpretasikan data yang diperoleh di lapangan dengan dari informan. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan, sebagai berikut: Pertama peranan Tenaga Penggerak Desa dari hasil wawancara, bahwa keterlaksanaan pedoman pelaksanaan kerja, pembagian kerja yang efektif, pelaksanaan sosialisasi  koordinasi dan adanya kerja sama dengan stakeholder dapat dilaksanakan masih kurang maksimal. Kedua hambatan yang ditemui dalam perananan Tenaga Penggerak Desa adalah masih lemahnya pendelegasian wewenang pimpinan kepada pelaksana, masih kurang efektifnya jalinan komunikasi antara pimpinan dan pelaksana di lapangan, tingkat kedisiplinan Tenaga Penggerak Desa yang kurang baik, serta minimnya inovasi kebijakan. Ketiga untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Tenaga Penggerak Desa dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan-pendekatan secara aktif baik terhadap pegawai maupun stakeholder lain sebagai salah satu upaya untuk mengintensifkan pola kerja Tenaga Penggerak Desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya.


Kata Kunci


Tenaga Penggerak Desa (TPD); Kesehatan Alat Reproduksi; Pasangan Usia Subur

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


a. Buku-buku

Atmodiwirio. S. 2007. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Aedadizya Jaya.

Ari Kuncoro. 2007. Informasi Dasar Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Jakarta: Airlangga.

Fathonah Siti. 2012. Penggerak Buku Pegangan Tenaga Desa/Kelurahan. Bandung: Gramedia.

Fathonah Siti. 2012. Laporan Penyelenggaraan Pelatihan Program KKB Bagi Tenaga Penggerak Desa/Tenaga Penggerak Kelurahan (TPD/TPK). Bandung: Gramedia.

Moh. Arsyad. 2009. Informasi Gerakan KB Nasional Selama Pembangunan Jangka Panjang. Jakarta: Airlangga.

Syarief Sugiri. 2007. KB Untuk Semua. Jakarta: Gramedia.

Soekamto. 2008. Subsistem Pendidikan dan Pelatihan Program KB Nasional. Jakarta: BKKBN.

Sumber Perundang-Undangan:

Undang-undang No 10 tahun 2010 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera.

Peraturan Presiden Nomor 62 tahun 2010 tentang Tugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Peraturan Bupati Pangandaran Nomor 18 tahun 2013 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i1.2729

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.