SOSIALISASI POLITIK OLEH PANITIA PEMILIHAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN HAK PILIH YANG MEMILIH KEPADA SALAH SATU CALON PADA PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA CIBULUH KECAMATAN KALIPUCANG KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2013

AGUS DEDI

Sari


Latar belakang penelitian ini sebagai berikut: 1) Adanya masyarakat yang tidak memberikan hak suaranya dalam kegiatan pemilihan calon kepala desa di Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran; 2) Kurangnya kepedulian masyarakat akan pentingnya pemilihan kepala desa; 3) Kesadaran dalam memilih calon kepala desa masih rendah. Responden dalam penelitian ini sebanyak 12 orang yang terdiri dari Kepala Desa Cibuluh, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebanyak 2 orang. Panitia Pemilihan Kepala Desa 3 orang dan masyarakat yang mempunyai hak pilih, tetapi tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 6 orang yang terdiri dari dua dusun, dusun Cibuluh I (satu) sebanyak 3 orang dan dusun Cibuluh II (dua). Teknik pengolahan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian akhirnya dapat disimpulkan, sebagai berikut: 1) Sosialisasi yang dilakukan oleh panitia pemilihan kepala desa dalam meningkatkan hak pilih yang memilih kepada salah satu calon pada pemilihan kepala desa tahun 2013 di Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran pada dasarnya sudah berjalan cukup baik. 2) Hambatan mengenai banyaknya warga masyarakat yang mempunyai hak pilih yang sedang berada diluar kota dan tidak mempunyai dana serta waktu yang cukup untuk pulang dan menggunakan hak pilihnya, nampaknya menjadi hambatan yang cukup berat. 3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh panitia pemilihan kepala desa untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ditemukan telah dilakukan secara maksimal, sehingga dapat mengatasi dan meminimalisir hambatan-hambatan yang muncul.


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Buku-buku

Dr. Ulber Silalahi, MA. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Elly M. Setiadi dan Usman Kolip. 2013. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana Prenanamedia Group.

Prof. Dr. Damsar. 2010. Cetakan Kedua 2012. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana Prenana Media Group. Edisi Revisi.

Miriam Budiardjo. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ambon Upe. 2008. Sosiologi Politik Kontemporer. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sahid Gatara. 2009. Ilmu Politik (Memahami dan Menerapkan). Bandung: Pustaka Setia.

Danny Haryanto dan G. Edwi Nugrohadi. 2011. Pengantar Sosiologi Dasar. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

A. Rahman.H.I. 2007. Sistem Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dokumen-dokumen

Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 5 tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa Laporan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, Desa Cibuluh Kecamatan Kalipucang Kabupaten Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i1.2731

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.