PELAKSANAAN PROGRAM INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA OLEH PEMERINTAH DESA DI DESA CIJULANG KECAMATAN CIJULANG KABUPATEN PANGANDARAN

ASEP NURWANDA

Sari


Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pelaksanaan program peningkatan IPM belum optimal. Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia oleh Pemerintah Desa?; 2) Bagaimanakah hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia oleh Pemerintah Desa?; 3) Bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia oleh Pemerintah Desa? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Lamanya penelitian selama 9 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara). Berdasarkan hasli penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan program peningkatan indeks pembanguna manusia oleh Pemerintah Desa belum tercapai sesuai dengan yang ditentyjan oleh Badan Pusat Statistik (2006:20). Hal tersebut dibuktikan dengan jawaban informan bahwa sebanyak 54.29% informan menyatakan sudah baik namun terdapat sebanyak 45.71% menyatakan kurang baik. Begitu pula dengan hasil observasi diketahui bahwa pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia belum dilaksanakan dengan baik karena masih adanya masyarakat yang kesulitan dalam meningkatkan pendapatannya. Selain itu tingkat pendidikan masyarakat masih kurang sementara pemerintahan desa tidak dapat membantunya. 2) Adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia belum tercapai sesuai dengan yang ditentukan hal ini disebabkan oleh kurangnya ketersediaan anggaran yang memadai dalam melaksanakan peningkatan IPM. 3) Adanya upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambayan dalam pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia dengan memperbaiki penyelenggaraan pelayanan di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat. Begitu pula dengan hasil observasi diketahui bahwa pelaksanaan program peningkatan indeks pembangunan manusia oleh Pemerintah Desa dilakukan berbagai upaya dengan menyediakan anggaran yang disediakan untuk melakukan pengelolaan bidang ekonomi, pendidikan maupun kesehatan serta melakukan penyuluhan secara rutin kepada masyarakat.


Kata Kunci


Program; Indeks Pembangunan Manusia; Pemerintahan Desa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Asrudin & Suryana, Mirza Jaka. 2009. Refleksi Teori Hubungan Internasional: dari Tradisional ke Kontemporer. Jakarta: Graha Ilmu.

BPS-Bappenas-UNDP. 2006. Indonesia Human Development Report 2001. Towards a New Consensus: Democracy and Human Developmeny in Indoensia. Jakarta: BPS-Statistics Indonesia, Bappenas dan UNDP Indonesia.

Charles O., Jones. 1996. Pengantar Kebijakan Publik. Jakarta: Rajawali Press.

Dahuri, R. 2004. Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu: Edisi Revisi. Pradnya Paramita. Jakarta.

Deddy T. Tikson. 2005. Administrasi Pembangunan. Alfabeta. Bandung.

Ginting, Paham dan Syafrizal Helmi Situmorang. 2008. Filsafat Ilmu dan Metode. Riset. USU Press. Medan.

Hadari Nawawi. 2000. Penelitian Terapan. Cetakan I. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

J. Suptanto. 2007. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. AMP YPKM: Yogyakarta.

Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2008.

Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rohman, Ahmad Ainur Dkk. 2009. Reformasi Pelayanan Publik. Malang.

Siagian, Sondang. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara.

Sulendrakusuma. 2005. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Bima Grafika.

Todaro, Michael P. 2009. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi Ketujuh, terjemahan Haris Munandar. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahab, Solichin Abdul. 1991. Analisis Kebijaksanaan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta, Bumi Aksara.

Winarno, Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah. Tarsito. Bandung.

Sumber Perundang-undangan

Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan

Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa

Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 8 tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i1.2741

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.