IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF OLEH KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MANGKUBUMI DI KECAMATAN MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA

PURNAMASARI PURNAMASARI

Sari


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif  oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Mangkubumi di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya? 2) Bagaimana hambatan-hambatan Implementasi Kebijakan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Mangkubumi di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya? 3) Bagaimana upaya-upaya Implementasi Kebijakan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Mangkubumi di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya? Konsep dasar penelitian ini terdiri dari satu variabel tentang Implementasi Kebijakan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Mangkubumi di Kecamatan Mangkubuki Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan narasumber sebanyak 10 orang terdiri dari 6 masyarakat serta wali murid, 3 Guru dan 1 Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara). Teknik analisis data kualitatif, yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Kebijakan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Mangkubumi di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya belum mencapai hasil yang optimal. Hambatan yang di hadapi, yaitu dikarenakan belum adanya Guru Pembimbing Khusus serta kurangnya sarana prasarana penunjang penyelenggaraan pendidikan inklusif. Upaya yang dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan biaya operasional yang ada serta guru pamong yang ada tetap menyampaikan materi pembelajaran yang ada agar proses kegiatan belajar tetap berjalan hingga siswa berkebutuhan khusus mengerti dengan materi yang disampaikan guru pamong.

 


Kata Kunci


Implementasi Kebijakan; Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Wahab, Solihin. 2012. Analisis Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik, Bandung: Pustaka Setia.

Heryani, Ani. 2010. Paradigma Kebijakan Publik. Bandung: UNPAD Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Umum Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kusnandar, Ishak. 2012. Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Multazam.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2009. Balai Pustaka.

Lay, Kekeh. Marentek. Dkk. 2007. Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Depdiknas RI.

Lexi J, Maleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Wibawa, Samodra. 2011. Politik Perumusan Kebijakan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Riant. 2012. Public Policy. Jakarta: Kompas Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i3.2751

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.