PROBLEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PUBLIK

ETIH HENRIYANI

Sari


Tahapan implementasi sebagai proses untuk mewujudkan tujuan kebijakan sering disebut sebagai tahap yang penting (critical stage).  Disebut penting karena tahapan ini merupakan “jembatan” antara dunia konsep dengan dunia realita.  Namun sayangnya, dari sekian banyak kebijakan pemerintah, ternyata banyak yang gagal dibanding yang berhasil.  Dalam kamus Indonesia, berbagai kejadian kegagalan implementasi kebijakan, program, dan proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah (baik pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota).  Tekad Pemerintah Indonesia untuk mengatasi kemiskinan, sejak era Orde Baru sampai Era Reformasi ternyata dalam realisasinya masih jauh dari yang dicita-citakan.  Mulai dari Inpres Desa Tertinggal (IDT), Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan PNPM Mandiri.  Implikasi kegagalan pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan dan program pembangunan adalah belum dapat diwujudkannya agenda pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan publik seperti : peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan pemberantasan kemiskinan.


Kata Kunci


Implementasi; Kebijakan Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamdi, Muchlis. 2013. Kebijakan Publik, Proses, Analisis dan Partisipasi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Nugroho, Riant. 2014. Kebijakan Publik di Negara-Negara Berkembang. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Purwanto, dkk. 2012. Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media.

Subarsono. 2006. Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wahab, Solichin. 2014. Analisis Kebijakan, Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Warsito, Jaiman. 2004. Implementasi Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan (Tesis MAP-UGM tidak dipublikasikan)




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v1i4.2852

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.