PERAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PEMERINTAH DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN PROGRAM OTONOMI DAERAH DI DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIAMIS

R. RINDU GARVERA

Sari


Demokratisasi dunia, terutama di paruh kedua abad ke-20, telah memaksa organisasi, termasuk juga pemerintahan dalam hal ini, dari semua jenis di banyak wilayah di dunia untuk mempertimbangkan memberikan kepentingan yang lebih besar untuk Public Relations Pemerintahan.  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pengelolaan Humas pemerintah yang merujuk kepada studi dan proses manajemen Humas menurut Scott M Cutlip, Allen H Centre dan Glen M Brom, terdiri dari mendefinisikan Masalah Humas, perencanaan dan pemrograman (fact finding), tindakan dan berkomunikasi, serta evaluasi program.  Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis telah memberikan kontribusi positif untuk keberhasilan program otonomi tenaga sektor pengembangan informasi dan komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kata Kunci


Manajemen Humas; Otonomi Daerah; Pemerintahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cutlip, Scott., M. Center Allen H., & Broom, Glen. M. 2000. Effective Public Relations (8th ed.). New Jersey : Prentice Hall, Upper Saddle River.

Djanaid, Djanalis. 1993. Public Relations: Dalam Teori dan Praktek, Edisi VII (Revisi). Malang : Indopurels Training.

Lembaga Administrasi Negara RI. 2000. Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta : LAN-BPKP.

Rahmadi. 1994. Public Relations: Dalam Teori Dan Praktek, Aplikasi Dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. (Cet. 3). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rosady Ruslan. 2003. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Utama.

Steinberg, Charles, S. 1958. The Mass Communicators. New York : Harpers & Bross.

Widodo, Joko. 2001. Good Governance: Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. PPS Untang. Surabaya : Insan Cendekia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v1i4.2856

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.