PENERAPAN METODE FULL COSTING DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI PEMBANGUNAN RUMAH

Elis Badriah, Asep Nurwanda

Sari


Penentuan harga pokok produksi dengan metode Full Costing sangat penting karena metode ini lebih rinci dalam memasukkan komponen-komponen biaya yang diperlukan dalam suatu proses produksi. Hal ini dapat berpengaruh pada penentuan harga jual dan laba yang dihasilkan. Penentuan harga pokok produksi dengan metode Full Costing diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi pihak develover rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil penghitungan harga pokok produksi yang dilakukan pihak Develover rumah dengan penghitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode Full Costing. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Kibar Bumi Persada. Data yang diperoleh melalui survei ke lokasi dan wawancara langsung dengan pihak Developer Perumahan berkaitan dengan masalah yang dibahas serta dokumen-dokumen sebagai bukti pendukung. Dalam melakukan penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu analisis data dengan merekomendasikan penyusunan harga pokok produksi yang seharusnya metode ini dinyatakan dengan angka-angka. Metode deskriptif kuantitatif yang diperlukan dalam penulisan  adalah metode full costing. Hasil menunjukan bahwa perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode perhitungan sederhana yang dilakukan perusahaan pengembang rumah

Kata Kunci


Full Costing; Harga Pokok Produksi; Biaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alldyla dan Aprisyatrium. 2014. Penerapan Metode Full Costing dalam penetapan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual.

Bustami, B., & Nurlela. 2013. Akuntansi Biaya Edisi 4. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Kartadinata, A. 2008. Teori Akuntansi. Jilid 1. Edisi 2. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Karjono, A & Damayanti, M. 2011. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi yang Ditetapkan oleh PT Mustika Ratu Tbk. Jurnal Institut Bisnis Nusantara: Jakarta.

Komara, B & Suarma, A. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada CV Salwa Meubeul. Junrla Ilmiah Ilmu Ekonomi. Vol. 5, Edisi 9, Oktober 2016.

Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Macpal,B., Morasa, J., & Torayoh, V. 2014. Analisis Perhitungan Harga Pokok Penjualan Barang produksi Pada Jepara meubeul Di Kota Bitung. Junral EMBA. Vol. 2, No. 3, Hal 1495-1503.

Magfirah, M & Syam, F. 2016. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Pada UMKM Kota Banda Aceh. JIMEKA. Vol. 1, No. 2, Hal 59-70.

Nanang Wahyu Gunanto. 2015. Analisa Harga pokok produksi dengan Full Costing Method dalam menetapkan harga jual bola plastik.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 1974 Pasal 5 Ayat 1.

Witjaksono, A. 2013. Akuntansi Biaya. Jakarta: Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v5i4.3011

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.