EFEKTIVITAS BELABELIKU.COM DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS E-COMMERCE KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018

Riska Erwinsyah, Muhammad Eko Atmojo, Vindhi Putri Pratiwi

Sari


Pentingnya suatu pemanfaatan atau penggunaan website yaitu Belabeliku.com termasuk ke dalam konsep smart city Pemerintahan Kulon Progo yang berbasis e-goverment yang harus berjalan dengan selaras dengan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Dalam upaya untuk mewujudkan UMKM Kulon Progo yang dapat bersaing secara nasional maupun internasional, pemerintahan Kabupaten membuat program unggulan dari smart city, yaitu Belabeliku.com. Selanjutnya dalam meningkatkan perkembangan UMKM di Kabupaten Kulon Progo dengan memanfaatkan Belabeliku.com. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif yaitu dengan cara pendekatan kualitatif yang memiliki karakteristik alami sebagai sumber data yang langsung mendasari perwujudan makna dari sebuah gejala sosial yang berada di dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi yang diadopsi untuk meningkatkan kesejahteraan maupun ekonomi masyarakat di Kabupaten Kulon Progo adalah belabeliku.com. Program ini diperuntukkan kepada pelaku UMKM Khususnya dan umumnya masyarakat Kulon Progo. Dengan adanya program ini diharapkan pelaku UMKM dapat mempromosikan produk-produk asli Kulon Progo ke tingkat nasional maupun internasional. Selain itu program ini juga sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi. Manfaat dari program ini bagi pelaku UMKM produk-produk UMKM bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional serta dimudahkan dalam melakukan promosi produk UMKM.


Kata Kunci


Efektivitas; Belabeliku.com;Pemberdayaan; dan UMKM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauziyah. (2018). Pemberdayaan Umkm Melalui Akun Organisasi Bisnis Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Pada Forum Online UKM Ksrn Kabupaten Jember). Progress Conference, 1(1), 360–371.

Gazzola, P., Colombo, G., Pezzetti, R., & Nicolescu, L. (2017). Consumer empowerment in the digital economy: Availing sustainable purchasing decisions. Sustainability (Switzerland), 9(5), 1–19. https://doi.org/10.3390/su9050693

Herry Soebanto. (2019). Kulon Progo Targetkan Angka Kemiskinan TUjuh Persen Pada Tahun 2022. Retrieved from https://jogja.antaranews.com/berita/364556/kulon-progo-targetkan-angka-kemiskinan-tujuh-persen-pada-2022

Ikmah, & Widawati, A. S. (2018). Penerapan E-Commerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, ISSN 2615-(April), 49–54.

Lucky, P., Irawan, T., Prilianti, K. R., & Timur, J. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah ( UKM ) Melalui Implementasi E- Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal Solma, 09(01), 33–44.

Maulana, M. T. (2018). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada UKM Di Jawa Tengah (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/68914/

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rifa’i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 130–136.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Fakultasi Ekonomi, 6(1), 51–58.

Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2018). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective (Ninth Edit). Springer International Publishing AG




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i3.3521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.