KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SYAHBANDAR DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS II BIAK

Musdalifah Haz, Rijal Rijal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor apa yang mempengaruhi kinerja pegawai dan bagaimana Kinerja Pegawai di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Biak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penekanan pada pendekatan Studi Kasus. Data yang digunakan yakni data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder melalui penelusuran dokumen. Peneliti melakukan analisis data secara deskriptif kualitatif melalui teknik pengelolaan data dengan menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yakni collection, Condensation, Display, dan Conclusion Drawing/Verification Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai di lingkup kerja Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Biak masih belum maksimal dalam memberikan pelayanan yang berorientasi kepada pelayanan prima. Hal ini dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai baik dari sisi individu/personal, pemimpin maupun sistem kerja yang selama ini diterapkan belum berjalan dengan baik. Ditinjau dari aspek indikator kinerja seperti kuantitas sumber daya manusia/pegawai yang tidak memadai, kualitas pegawai belum cukup baik dalam memberikan pelayanan, waktu kerja yang telah ditentukan dengan kedisiplinan pegawai belum terlihat secara signifikan sehingga pelayanan belum maksimal dan kerja sama yang dilakukan oleh setiap pegawai yang ada dalam mengembangkan organisasi belum maksimal dimana kualitas kinerja pegawai tidak terlihat karena tidak adanya koordinasi dan komunikasi yang dibangun oleh pegawai baik dari setiap bidang yang ada maupun dari pimpinan.


Kata Kunci


Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Dharma. (2004). Manajemen Supervisi. Jakarta: Rajawali Press.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Evaluasi Kinerja. Bandung: Refika Aditama.

Fahmi, I. (2010). Manajemen Kinerja (Teori dan Aplikasi). Alfabetha. Bandung.

Harbani, P. (2010). Teori Administrasi Publik. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mangkunegara, A. P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Miles M.B, Huberman A.M, & Saldana J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan TjetjepRohiniRohidi, UI-Press.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Alfabeta: Bandung.

Rivai. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Grafindo.

Sandy Martha, M. (2015). Karakteriristik Pekerjaan dan Kinerja Dosen Luar Biasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Tesis di Univeristas Widayatama Bandung.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.

Sutrisno Edy Dr, M. S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Willson, & Heyyel. (1987). Hand Book Of Modern Office Management and Administration Service. Mc Graw Hill Inc. New Jersey.

Wungu, & Brotoharjo. (2003). Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda Dengan Merit Sistem. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/moderat.v6i3.3594

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.