IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PEMBANGUNAN KETAHANAN KELUARGA MELALUI KELOMPOK TRIBINA OLEH DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KABUPATEN KARAWANG

Yunus Syafriansyah Wiriana, Eka Yulyana, Evi Priyanti

Sari


Tingginya angka Keluarga Pra-Sejahtera (KPS) yang menjadikan keluarga tidak memiliki kemampuan secara fisik-materiil dalam mengelola keadaan dan kondisi yang bertolak belakang dengan pencapaian program ketahanan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga dalam upaya mencapai ketahanan keluarga melalui kelompok kegiatan Tribina di Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Jumlah informan sebanyak 10 (Sepuluh) orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menyatakan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga merupakan keberhasilan daerah dalam keseriusan pelaksanaan program, terutama berkaitan dengan ketahanan keluarga. Keberhasilan dari adanya kebijakan tersebut tidak sesuai dengan aktualisasi di lapangan berkenaan dengan kompetensi dan kognisi sumber daya pelaksana yang rendah, sumber daya anggaran yang minim serta komunikasi dan keterlibatan lintas sekotral yang berjalan tidak secara terorganisir dan terlembagakan. Sehingga, perlunya pembinaan berkala sebagai tindak lanjut keberadaan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga yang menjadi dasar dalam pelaksanaan program kelompok Tribina.


Kata Kunci


Implementasi, Implementasi Kebijakan, Ketahanan Keluarga, Kelompok Tribina

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tachjan. 2006. Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung.

Taufiqurokhman. 2014. Kebijakan Publik: Pendelegasian Tanggung Jawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo Beragama (Pers). ISBN: 602-9006-07-0.

Jurnal

Akib, Haedar. 2010. Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Administrasi Publik. Volume I Nomor I.

Irkhamiyati. 2017. Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stikes 'Aisyiyah Yogyakarta dalam Membangun Perpustakaan Digital. ISSN 2477-0361 (Online).

Puspitawati, Herien. 2012. Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga. Bogor: PT IPB Press.

Trisnanto, Dicky Rahadian. 2015. Implementasi Kebijakan Pengaturan Tempat Usaha dan Pembinaan PKL Terminal Krian Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. ISSN: 2303-34IX.

Wiratri, Amorisa. 2018. Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia. Pusat Penelitian Sumber Daya Regional – LIPI. ISSN: 2502-8537 (Online).

Dokumen Lembaga

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. 2020. Kelompok Kegiatan Keluarga BKB.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. 2020. Kelompok Kegiatan Keluarga BKR dan BKL.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2017. Profil Lansia Jawa Barat 2017. ISSN: 0215-2169.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang 2018. Kabuapten Karawang dalam Angka 2018. ISSN: 0215.4307.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. 2019. Kabupaten Karawang dalam Angka 2019. ISSN: 0215-4307.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Penduduk dan Pembangunan Keluarga.

Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.