PELUANG PEMASARAN DIGITAL PRODUK HASIL TERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWA PADA USAHATANI TERNAK BERSKALA KECIL

Ane Novianty, Benidzar M. Andrie, Anisa Puspitasari, M. Arief Rizki Mauladi

Abstract


Saat ini, Era Society 5.0 telah membuka ruang akses yang begitu besar dengan berbagai platform digital yang ditawarkan ke publik sehingga semakin banyak perusahaan yang sadar bahwa perusahaan harus melakukan inovasi terutama dalam bidang pemasaran berbasis digital. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan sumber data sekunder untuk mengetahui: (1) Kesiapan pelaku usahatani ternak kambing PE berskala kecil dalam menghadapi persaingan digital marketing; (2) Gambaran pemasaran produk susu kambing dan olahan nya pada platform Shopee dan Tokopedia, dan (3) Peluang pemasaran digital pada platform Shopee dan Tokopedia untuk usahatani ternak kambing PE berskala kecil. Berdasarkan hasil penelitian, keragaraman produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha ternak berskala kecil belum didukung oleh teknologi. Produk yang dihasilkan oleh para pelaku usaha ternak kecil rata-rata memiliki kriteria sebagai produk yang tidak tahan lama, jenis kemasan sederhana, dan produksi yang discontinue. Peningkatan kualitas produk memberikan peluang yang lebih tinggi kepada pelaku usaha ternak dalam menghadapi persaingan digital marketing.

Full Text:

PDF

References


Ane, N dan Andrie, B.M. 2021. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Populasi Ternak Kambing

Peranakan Etawa (Studi Kasus pada Kelompok Ternak Sukapala Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya).

Mimbar Agribisnis, 7(1): 245 – 253.

Arviansyah, R., Widjaya, S dan Situmorang, S. 2015. Analisis Pendapatan dan Sistem Pemasaran Susu Kambing

di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran. JIIA, 3: 363 – 369.

Bahar, B. 2008. Kefir Minuman Susu Fermentasi dengan Segudang Khasiat untuk Kesehatan. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Hani, A.M, Sekreningsih, N dan Tito, A.W. 2017. Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi

Pemasaran. Khazanah Informatika, 3(1): 6 – 15.

Henni, V., Rahma, Z., Siti, R.A dan Hambal, M. 2021. Upaya Inovatif Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Pedesaan Melalui Inisiasi Pelatihan Pembuatan Kefir di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pengabdian Aceh,

(4): 175 – 180.

Kasali, R. 2015. Agility: Bukan Singa Yang Mengembik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

------------- 2017. Disruption. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasmi dan Candra, A.N. 2017. Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers untuk Meningkatkan

Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 15(2): 109 – 116.

Medah, M. 2009. E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Partner, 16(1): 74 – 81.

Mega, L., Azis, F dan Minarsih, M.M. 2016. Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia

Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega

Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2).

Mohamad T, F dan Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2): 62 – 76.

Nwaoha M.I dan Onyinyechi, N.G. 2012. Production and Evaluation of Yoghurt Flavoured With Beetroot Beta

Vulgaris L. Journal of Food Science and Engineering, 2: 583 – 592.

Ratna, W.A., Novilia, S dan Asnawi, R. 2018. Pengenalan Pengolahan Susu Kambing di Kecamatan Sukadana

Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian, 23(1): 45 – 55.

Rudi, Y dan Mustajab, W. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand

Awareness pada E-Commerce. Jurnal Manajerial, 12(2): 198 – 209.

Shabur, M.M., Heru, S dan Riyadi. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus

pada Toko Pastbrik Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1): 1 – 9

Sri, H., Bambang, M dan Sudarwati. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan

Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1): 144 – 151.

Sumanto. 2016. Diversifikasi Produk Pengolahan Susu Guna Meningkatkan Keuntungan Usaha Kambing Perah.

Wartazoa, 26(4): 173 – 182.

Tinenta, S., Lombogia, S.O.B., Oley, F.D dan Tumewu, J.M. 2017. Peranan Kelompok Peternak Terhadap Usaha

Pengembangan Ternak Itik di Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa. Jurnal Zootek, 37(2): 415

– 425.

Widiati, R dan Kusumastuti, T.A. 2017. Sistem Produksi dan Potensi Ekonomi Peternakan Kambing Lokal Bligon

di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Sains Peternakan, 15(2): 59 – 65


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License