INTEGRASI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN GEOGEBRA: DAPATKAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA?

Yanti Nurhayati, Nur Eva Zakiah, Asep Amam

Sari


Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan kajian literatur dan penelitian yang relevan yaitu pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan software geogebra dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara komprehensif tentang peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pembelajaran CTL berbantuan software geogebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Ciamis yang terdiri dari enam kelas, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII-A berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-B berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis berupa soal uraian. Analisis data menggunakan data N-gain yang diperoleh dari hasil pretes dan postes kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan software geogebra dapat menjadi alternatif untuk meningkatan kemampuan koneksi matematis siswa menjadi lebih baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46.

Amam, A., Fatimah, A. T., Hartono, W., & Effendi, A. (2017). Mathematical understanding of the underprivileged students through geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), p. 012007, IOP Publishing.

Hohenwarter & Fuchs. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system geogebra.

Musriliani, C., Marwan, M., & Ansari, B. I. (2015). Pengaruh pembelajaran contextual teaching learning (ctl) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa smp ditinjau dari gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 yaitu tentang Tujuan Pembelajaran Matematika. [Online] Tersedia: https://www.slideshare.net/MuhammadAlfiansyah1/tujuan-pembelajaran-matematika-berdasarkan-peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-republik-indonesia-nomor-58-tahun-2014

Sunaryo, Y., dan Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan kontekstual dengan scaffolding untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 66-79.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy, 2(2), 11-29, ISSN 2502-3802.

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120, p-ISSN 2541-0660, e-ISSN 2597-7237.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: