PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MATERI MATEMATIKA PADA KELAS VIII BERBASIS THEORY OF DIDACTICAL SITUATION

Rafiq Zulkarnaen, Budi Arif Darmawan, Redo Martila Ruli

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa dalam matematika untuk kelas VIII berdasarkan theory of didactical situation. Penelitian dan pengembangan model Plomp digunakan dalam penelitian ini, yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan, pembuatan dan penilaian prototype. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menghasilkan model epistemologi, sedangkan tahap prototyping dan assessment digunakan untuk menguji keefektifan dan kepraktisan LKS melalui penilaian diri sendiri, penilaian pakar, uji satu-satu, ujicoba terbatas, dan ujicoba lapangan. LKS yang dikembangkan berdasarkan teori situasi didaktis pada materi Teorema Pythagoras, Ruas Sisi Datar, Lingkaran, Statistika, dan Probabilitas dinyatakan valid, praktis, dan berpotensi efektif. Berdasarkan hasil tahap prototyping dan penilaian disimpulkan bahwa LKS valid dengan kompetensi matematika, tujuan pembelajaran, dan menyediakan situasi adidaktis, situasi didaktis, dan lingkungan. Kepraktisan untuk memudahkan guru dan siswa menggunakan LKS yang telah dikembangkan untuk diimplementasikan di kelas. Selanjutnya, keefektifan LKS mempengaruhi siswa untuk dapat merumuskan masalah dan menemukan solusi serta membangun pengetahuan matematika secara mandiri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Artigue, M., & Trouche, L. (2021). Revisiting the french didactic tradition through technological lenses. Mathematics, 9(6), 1–19. https://doi.org/10.3390/math9060629

Baun, I. D., Bien, Y. I., & Abi, A. M. (2020). Diagnosa kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dan upaya mengatasinya menggunakan scaffolding. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.544

Brousseau, G. (2004). Rationals and decimals as required in the school curriculum. Part I: Rationals as measurement. Journal of Mathematical Behavior, 23(1), 1–20. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2003.12.001

Brousseau, G. (2005). Didactical handling of students’ reasoning processes in problem solving situations. Beyond the Apparent Banality of the Mathematics Classroom, 13–58. https://doi.org/10.1007/0-387-30451-7_2

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (pbl). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Fitri, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi persamaan lingkaran. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 241–257. p://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.562

González-Martín, A. S., Bloch, I., Durand-Guerrier, V., & Maschietto, M. (2014). Didactic situations and didactical engineering in university mathematics: cases from the study of calculus and proof. Research in Mathematics Education, 16(2), 117–134. https://doi.org/10.1080/14794802.2014.918347

Houdement, C., & Tempier, F. (2019). Understanding place value with numeration units. ZDM - Mathematics Education, 51(1), 25–37. https://doi.org/10.1007/s11858-018-0985-6

Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Menyelesaikan soal pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 259–272. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.259-272

Laborde, C. (2014). Didactical situation. In R. Gunstone (Ed.), Encyclopedia of Science Education (pp. 322–325). London: Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6165-0_404-1

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) melalui strategi belajar small group work pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Numeracy, 8(2), 83–89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561

Mardia, M., & Purwasih, R. (2021). Analisis kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 579–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1181-1190

Maryati, I., & Priyatna, N. (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Maulinda., Zubainur, C. M., & Hidayat, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran materi teorema pythagoras berbasis daring melalui model pembelajaran CORE untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 252–264. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/article/view/18766

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. ar-rahiiqil. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Maju, 7(1), 98–102. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/436

Plomp, T., & Nieveen, N. (2010). An introduction to educational design research. Enshede: SLO-Netherlands Institute for Curriculum Development.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rupalestari, D., Hartono, Y., & Hapizah, H. (2018). Hasil belajar siswa pada materi peluang melalui model connected mathematics project di kelas viii. Jurnal Gantang, 3(2), 63–71. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.465

Strømskag, H. (2017). A methodology for instructional design in mathematics—with the generic and epistemic student at the centre. ZDM - Mathematics Education, 49(6), 909–921. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0882-4

Tempier, F. (2016). New perspectives for didactical engineering: an example for the development of a resource for teaching decimal number system. Journal of Mathematics Teacher Education, 19(2), 261–276. https://doi.org/10.1007/s10857-015-9333-8

Wati, J., & Zulfah. (2020). Tahap preliminary research pengembangan LKPD berbasis PBL materi peluang kejadian majemuk. Inomatika, 2(2), 106–116. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.193

Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis penerapan pendekatan stem untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 403. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895

Wulandari, L., & Riajanto, M. Le. E. J. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Yulita, D., Caswita., & Suharsono, S. (2018). Pengembangan lkpd berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2), 2338–1183. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16570




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7322

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: