PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MATERI MATEMATIKA PADA KELAS VIII BERBASIS THEORY OF DIDACTICAL SITUATION
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Artigue, M., & Trouche, L. (2021). Revisiting the french didactic tradition through technological lenses. Mathematics, 9(6), 1–19. https://doi.org/10.3390/math9060629
Baun, I. D., Bien, Y. I., & Abi, A. M. (2020). Diagnosa kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dan upaya mengatasinya menggunakan scaffolding. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.544
Brousseau, G. (2004). Rationals and decimals as required in the school curriculum. Part I: Rationals as measurement. Journal of Mathematical Behavior, 23(1), 1–20. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2003.12.001
Brousseau, G. (2005). Didactical handling of students’ reasoning processes in problem solving situations. Beyond the Apparent Banality of the Mathematics Classroom, 13–58. https://doi.org/10.1007/0-387-30451-7_2
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (pbl). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Fitri, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi persamaan lingkaran. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 241–257. p://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.562
González-Martín, A. S., Bloch, I., Durand-Guerrier, V., & Maschietto, M. (2014). Didactic situations and didactical engineering in university mathematics: cases from the study of calculus and proof. Research in Mathematics Education, 16(2), 117–134. https://doi.org/10.1080/14794802.2014.918347
Houdement, C., & Tempier, F. (2019). Understanding place value with numeration units. ZDM - Mathematics Education, 51(1), 25–37. https://doi.org/10.1007/s11858-018-0985-6
Jayanti, R. A., & Hidayat, W. (2020). Menyelesaikan soal pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 259–272. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.259-272
Laborde, C. (2014). Didactical situation. In R. Gunstone (Ed.), Encyclopedia of Science Education (pp. 322–325). London: Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6165-0_404-1
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207
Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) melalui strategi belajar small group work pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Numeracy, 8(2), 83–89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561
Mardia, M., & Purwasih, R. (2021). Analisis kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 579–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1181-1190
Maryati, I., & Priyatna, N. (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209
Maulinda., Zubainur, C. M., & Hidayat, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran materi teorema pythagoras berbasis daring melalui model pembelajaran CORE untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 6(3), 252–264. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/article/view/18766
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. ar-rahiiqil. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Maju, 7(1), 98–102. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/436
Plomp, T., & Nieveen, N. (2010). An introduction to educational design research. Enshede: SLO-Netherlands Institute for Curriculum Development.
Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rupalestari, D., Hartono, Y., & Hapizah, H. (2018). Hasil belajar siswa pada materi peluang melalui model connected mathematics project di kelas viii. Jurnal Gantang, 3(2), 63–71. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.465
Strømskag, H. (2017). A methodology for instructional design in mathematics—with the generic and epistemic student at the centre. ZDM - Mathematics Education, 49(6), 909–921. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0882-4
Tempier, F. (2016). New perspectives for didactical engineering: an example for the development of a resource for teaching decimal number system. Journal of Mathematics Teacher Education, 19(2), 261–276. https://doi.org/10.1007/s10857-015-9333-8
Wati, J., & Zulfah. (2020). Tahap preliminary research pengembangan LKPD berbasis PBL materi peluang kejadian majemuk. Inomatika, 2(2), 106–116. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.193
Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis penerapan pendekatan stem untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 403. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895
Wulandari, L., & Riajanto, M. Le. E. J. (2020). Analisis kesulitan siswa smp kelas ix dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
Yulita, D., Caswita., & Suharsono, S. (2018). Pengembangan lkpd berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2), 2338–1183. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16570
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7322
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: