PERANAN KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG TASIKMALAYA)

Mohamad Apip

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Peranan Kualitas Informasi Akuntansi Keuangan Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tasikmalaya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana kualitas informasi akuntansi keuangan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tasikmalaya? 2] Bagaimana kinerja perusahaan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tasikmalaya? 3] Bagaimana peranan kualitas informasi akuntansi keuangan dalam meningkatkan kinerja perusahaan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Tasikmalaya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif. Yaitu dengan cara meneliti, mengumpulkan dan mengolah data-data yang diperlukan untuk selanjutnya diinterprestasikan dan dibandingkan dengan landasan teori yang diperoleh dari beberapa literatur yang mendukung penelitian ini sehingga dapat diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang penulis lakukaan, dapat penulis simpulkan bahwa: (1) Informasi akuntansi keuangan pada PT. Bank Muamalat Cabang Tasikmalaya sudah berkualitas. Artinya bahwa informasi akuntansi keuangan tersebut sudah disajikan secara akurat, relevan, andal, dapat dibandingkan dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum yaitu Standar Akuntansi Keuangan. (2) Kinerja perusahaan PT. Bank Muamalat Cabang Tasikmalaya sudah relatif baik. Artinya bahwa kinerja perusahaan tersebut telah mengacu pada standar yamg telah ditetapkan oleh PT. Bank Muamalat Cabang Tasikmalaya. (3) Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas informasi keuangan berperan dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Artinya bahwa kualitas informasi akuntansi keuangan sebagai pendukung dalam meningkatkan kinerja pada PT. Bank Muamalat Cabang Tasikmalaya. Dengan kata lain hubungan antara kualitas informasi akuntansi keuangan dengan kinerja perusahaan saling menunjang dalam pencapaian target yang ditetapkan.

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Z. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. Belkaoui, AR. 2011. Theori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat. Fathoni, HA. 2006. Manajemn Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Husein, U. 2003. Evaluasi Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Ismail, H. 2009. Pengndalian Konsef dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media. Ikatan Akuntansi Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Gramedia Persada. Mangkunegara, AP. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Reflika Aditama.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen Konsep & Manfaat. Yogyakarta: Salemba Empat. Susanto, A. 2002. Sistem Informasi Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Bandung: Lingga Jaya. Susanto, A. 2009. Sistem Informasi Manajemen Pendekatan Berstruktur dan Resiko Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

Sutanta, E. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Winarno, WW. 2006. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v2i2.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Mohamad Apip

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.