PENGARUH PARTISIPASI DALAM PENGANGGARAN DAN PERAN MANAJERIAL PENGELOLA KEUANGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Pada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Ciamis)

Dede Abdul Rozak, Roni Marsiana Suhendi

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Partisipasi dalam penganggaran dan peran manajerial pengelola keuangan daerah terhadap kinerja manajerial (Suatu studi Pada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana Pengaruh Partisipasi dalam Penganggaran terhadap Kinerja Manajerial di DPPKAD Kabupaten ciamis? 2). Bagaimana Pengaruh Peran Manajerial Pengelola Keuangan terhadap Kinerja Manajerial di DPPKAD Kabupaten ciamis? 3) Bagaimana Pengaruh Partisipasi dalam Penganggaran dan Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah terhadap Kinerja Manajerial di DPPKAD Kabupaten Ciamis?. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan melalui penyebaran kuisoner, teknik analisis dengan melakukan analisis koefisien korelasi Product Moment , Koefisien Korelasi Ganda,Uji Koefisien Determinasi Ganda, Uji hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji T) dan Uji Koefisien Regresi secara bersama – sama (uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa partisipasi dalam penganggaran dan peran manajerial pengelola keuangan daerah berpengaruh sigifikan pada Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 19,36% dan sisanya 80,64% telah dipengaruhi oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Akbar, DS. 2015. Peran Karakteristi Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Wawasan dan Riset Akuntansi. Vol 3, No 2. Maret 2015.

Anthony, R. Vijay Govindarajan. 2005. Management Control System, jilid II Terjemahan Kurniawan Tjakrawala dan Krista. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Bastian, I. 2006. Akuntansi Sektor publik. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Brownell, Peter. 1982. The Role of Accounting Data In Performance Evaluasi. Budgetary Participation, and Organizational effectiveness. Journal of Accounting Research. Vol 20.PP 12-27.

Djalil, Muslim A dan Fazli Syam. 2006. Pengaruh Orientasi Profesional terhadap Konflik peran: Interaksi antara Paetisipaso Anggaran dan pengguna Anggaran sebagai Alat Ukur Kinerja dengan Orientasi Manajerial (Suatu Penelitian Empiris pada Perguruan Tinggi Negri dan Swasta di propinsi Nangro Aceh Darusalam). Simposium Nasional akuntansi IX Padang, 23-26 Agustus 2006.

Gordon. et. al. 2000. Anggaran. Edisi Pertama. Jilid 2 Terjemahan Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Handoko, TH. 2002. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hanif dan Darsono Prawironegoro. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen Konsep dan plikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hasibuan, Malayu S.p. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lili Sadeli dan Bejo Siswanto. 2004. Akuntansi Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara Anwar Prabu. 2008. Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. Cetakan ke-8, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Akuntansi manajemen. Edisi ke-3. Jakarta: Salema Empat.

Siagian, P.Sondang. 2007. Fungsi – Fungsi Manajerial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siegel and Marcony. 1989. Behavioral Accounting. South Western Publising Co. Cincinannti, OH.

Siswanto, Bejo. 2003. Manajeen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Supriono, R,A. 2004. Pegaruh Variabel intervening Kecukupan Anggaran dan Komitmen Organisai terhadap Hubungan antara Partisipasi Anggaran dan Kinerja Manajer di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia: Vol.19, No. 3.

Wilmanzah, W. 2014. Pengaruh Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Tanjung Pinang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v3i2.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dede Abdul Rozak, Roni Marsiana Suhendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.