PERANAN STRATEGI ANTI FRAUD DAN AUDIT KEPATUHAN DALAM MENCEGAH FRAUD PADA INSPEKTORAT KABUPATEN CIAMIS

Dede abdul Rozak, Ibnu Gani Gayah

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Strategi Anti Fraud dan Audit Kepatuhan dalam Mencegah Fraud (studi pada Inspektorat Kabupaten Ciamis). Adapun tujuan penelitian ini adalah 1]. Untuk mengetahui dan menganalisis strategi anti fraud dalam pencegahan fraud pada Inspektorat Kabupaten Ciamis. 2]. Untuk mengetahui dan menganalisis audit kepatuhan dalam pencegahan fraud pada Inspektorat Kabupaten Ciamis. 3]. Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan penerapan strategi anti fraud dan audit kepatuhan dalam mencegah fraud pada inspektorat kabupaten ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa strategi anti fraud yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Ciamis telah sesuai dengan SOP pemeriksaan namun masih pada tahap meminimalkan fraud tidak sampai menghilangkan fraud di Kabupaten Ciamis. Audit kepatuhan yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten ciamis dalam pemeriksaan kepatuhan sudah dilakukan dengan SPIP yang ditetapkan berdasarkan keputusan Bupati Ciamis nomor 700/Kpts.385-Huk/2010. Kelemahan SDM, dan independensi yang menimbulkan conflict of interest dapat diminimalisir sehingga tindakan penyimpangan tersebut tidak akan mengganggu atau menggagagalkan instansi pemerintah mencapai tujuan dan sasarannya. Inspektorat Kabupaten Ciamis dalam kebijakan pengawasan APIP seharusnya menghilangkan konflik of interest. Dan terhadap pendekatan kepatuhan yang digunakan dalam pengawasan harus dipertahankan dan Kebijakan yang sedang berjalan direviu terus menerus untuk memastikan keefektifannya.

Full Text:

PDF

References


Achmad, A. 2009. Menguak Teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judical Prudence). Jakarta: Prenada Media Group.

Arens, A.A., Elder, R.J., Beasley, M.S. 2011. Auditing dan Pelayanan Verifikasi: pendekatan terpadu. alih bahasa oleh tim Dejakarta, edisi kesembilan. Jakarta: Indeks. Ciptaningsih, T. November 2012. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Hal: 159 - 174 Vol. 1, No. 2ISSN: 1979-4878 Guy, DM. 2002. Auditing. Jilid II. Edisi 5. Penerjemah Sugiyanto. Jakarta: Erlangga. Halim, A & Kusufi, MS. 2014. Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat. Kieso, DE dkk. 2008. Akuntansi Intermediate. Edisi ke Dua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kumaat, VG. 2011. Internal Audit. Jakarta: Erlangga. Messier, G & Prawit. 2005. Auditing & assurance services a systematic approach. Edisi ke-. 4. Jakarta: Salemba Empat. Munawir, S. 2005. Analisa Laporan Keuangan. edisi keempat. cetakan ketiga belas. Jakarta: Salemba Empat. Minarni. 2013. Konsep Pengawasan, Kerangka Audit Syariah, dan Tata Kelola Lembaga Keuangan syariah. La_Riba. Jurnal Ekonomi Islam. Volume V No 1. Juli 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern. Rachmat. 2010. Akuntansi Pemerintahan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Reeve, FW. 2008. Accounting: Pengantar Akuntansi. Edisi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. Sawyer, DSC. 2005. Internal Auditing, Buku Satu, Edisi. Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Sukrisno, A. 2012. Auditing Pemeriksaan Akuntansi. Jakarta: Universitas Indonesia. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tunggal, AW. 2012. The fraud Audit Mencegah dan Mendeteksi Kecurangan Akuntansi. Jakarta: Harvarindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwr.v5i1.1399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dede abdul Rozak, Ibnu Gani Gayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.