Pengaruh Biaya Overhead Pabrik Terhadap Efisiensi Biaya Produksi Pada PT. Asian Nanjung Sejahtera

Ati Rosliyati, Ciceu Lisnawati

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Biaya Overhead Pabrik Terhadap Efisiensi Biaya Produksi pada PT. Asian Nanjung Sejahtera Ciamis Tahun 2011-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kembali:  1) Biaya Overhead Pabrik oleh PT Asian Nanjung Sejahtera; 2) Biaya Produksi yang dikeluarkan oleh PT Asian Nanjung Sejahtera; 3) Pengaruh Biaya Overhead Pabrik Terhadap efisiensi Biaya Produksi pada PT Asian Nanjung Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regreasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Pengujian Hipotesis (Uji Signifikan atau Uji t dan f). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa biaya overhead pabrik berpengaruh negatif terhadap efisiensi biaya produksi pada PT Asian Nanjung Sejahtera. Artinya pada PT Asian Nanjung Sejahtera, pengendalian biaya belum dilaksanakan secara optimal, karena hal ini terbukti dengan adanya ketidakefisienan pada biaya produksi sehingga realisasi biaya produksi lebih besar dari anggaran biaya produksi.

Keywords


Biaya Overhead Pabrik, Efisiensi Biaya Produksi.

Full Text:

PDF

References


Adisaputro. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Anthony, Robert N. John Dearden & Norton M. Bedford. 1992. Management Control System alih Bahasa Agus Maulana. Jakarta: Bina Putra Aksara

Blocher, Edward J, Kung H, Gary Cokins, dan Thomas W. Lin. 2008. Manajemen Biaya Penekanan Strategis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Carter, W.K. 2009. Akuntansi Biaya-Cost Accounting, Edisi 14. Dialih bahasakan oleh Krista. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Daljono. 2015. Akuntansi Biaya-Penentuan Harga Pokok, Edisi 3. Semarang: Universitas Diponogoro.

Dermawan, W. 2010. Manajemen Kinerja, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dian, A. 2010. Pengaruh Penetapan Biaya Overhead Pabrik Terhadap Efisiensi Biaya Produksi Pada Perusahaan Bunga Matahari Cimari Cikoneng.

Sukirno, S. 2008. Pengantar Ekonomi Makro. Penerbit: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.

Supriyono, R.A. 2011. Akuntansi Biaya- Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok, Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit BPFE.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/.v4i1.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ati Rosliyati, Ciceu Lisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.