PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE

Mohamad Apip, Sukomo Sukomo, Eva Faridah

Abstract


Kesadaran Perusahaan akan pentingnya menjaga lingkungan untuk menjamin kelangsungan kehidupan semakin meningkat. Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup bahkan telah membetuk program yang disebut PROPER sebagai bentuk penataan lingkungan hidup perusahaan-perusahaan di Indonesia. Namun demikian efek kesadaran lingkungan perusahaan yang ditunjukan dengan kinerja lingkungan (environmental performance) dan pengungkapan lingkungan (environmental disclosure) terhadap kinerja perusahaan masih debatable. Dengan sampel 6 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014-2016, penelitian ini berupaya mengukur pengaruh environmental performance dan environmental disclosure terhadap economic performance pada perusahaan, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan survey, teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Data bersumber dari Laporan Tahunan (Annual Report) perusahaan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan data rating kinerja PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara partial environmental performance berpengaruh positif signifikan terhadap economic performance sedangkan environmental disclosure tidak berpengaruh positif signifikan. secara simultan environmental performance dan environmental disclosure berpengaruh positif signifikan terhadap economic performance pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa luasnya disclosure tidak berefek terhadap economic performace jika perusahaan tidak menunjukan environmental performance yang nyata. Perusahaan dalam berusaha harus secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan (environmental excellency) dalam proses produksi dan/atau jasa, melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat, kemudian mengungkapkan (environmental disclosure) seluas-luasnya dalam sustainable reporting.

Keywords


Environmental Performance, Environmental Disclosure, Economic Performance.

Full Text:

PDF

References


Al-Tuwaijri, S.A., Christensen, T.E., & Hughes II, K.E. (2013). The Relations among environmental disclosure, environmental performance, and economic performance: a simultaneous equations approach. Accounting, Organizations and Society, 29: p. 447-471.

Arfan, I. (2009). Akuntansi Lingkungan dan Pengungkapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arfan, I. (2009). Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Chariri, A., & Ghozali, I. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Eiffeliena, N.F. (2010). Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosure Terhadap Economic Performance. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Lubis, A.I. (2009). Akuntansi Keperilakuan Edisi. 2. Jakarta: Salemba Empat.

Putra, D., & Utami, I.L. (2017). Pengaruh Environmental Performance Dan Environmental Disclosure Terhadap Economic Performance. Jurnal Akuntansi, 9(1): p. 1-11.

Rahmatia, R. (2016). Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosure Terhadap Economic Performance. Bandung: Universitas Pasundan.

Retno, A.F.R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengugkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Study Empiris pada Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang, 23-26 Agustus 2006.

Sasongko, N., & Wulandari, N. (2006). Pengaruh EVA dan Rasio-Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham. Empirika, 19(1): p. 64-70.

Suratno, I.B, dkk. (2006). Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance (Studi Empris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004). Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang (23-26 Agustus).

Wibisono, D. (2011). Manajemen Kinerja Perusahaan. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/.v7i2.3437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mohamad Apip, Sukomo Sukomo, Eva Faridah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.