Optimalisasi Asupan Gizi Batita melalui Konsumsi Ikan Nila: Program Edukasi Kesehatan Masyarakat di Wilayah kerja Puskesmas Baregbeg Kabupaten Ciamis

Daniel Akbar Wibowo, Dini Nurbaeri Zen, Usman Sasyari, Devi Qoriatun Safiah, Bayu Afriansyah, Nur Wifa Sapira

Abstract

Latar belakang program pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada masalah kurangnya pengetahuan ibu-ibu rumah tangga serta kader posyandu dalam memanfaatkan ikan nila sebagai sumber gizi untuk batita di Wilayah Kerja Puskesmas Baregbeg Kabupaten Ciamis. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai manfaat gizi ikan nila untuk mendukung pertumbuhan batita. Subjek dalam program ini meliputi ibu-ibu rumah tangga dan kader posyandu di wilayah Puskesmas Baregbeg Kabupate Ciamis. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan mengenai manfaat gizi ikan nila. Program ini juga melibatkan monitoring dan evaluasi untuk mengukur perubahan pengetahuan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta tentang manfaat gizi ikan nila, dengan skor pengetahuan meningkat dari 60% menjadi 85%. Evaluasi program menunjukkan kepuasan peserta dan harapan untuk kelanjutan program.

Keywords

Edukasi Gizi; Ikan Nila; Batita; Peningkatan Pengetahuan; Pengolahan Makanan

Full Text:

PDF

References

Ariani, L. (2020). Pengantar Gizi dan Dietetik. Jakarta: Penerbit Kencana.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Kesehatan Indonesia 2022. Jakarta: BPS.

Fauziah, A., & Hasanah, U. (2021). "Pengaruh Konsumsi Ikan Nila terhadap Pertumbuhan Anak Usia Dini." Jurnal Gizi dan Kesehatan, 13(2), 112-120.

Hidayati, S., & Prasetyo, E. (2019). "Manfaat Gizi Ikan dalam Diet Anak-Anak." Jurnal Nutrisi dan Kesehatan, 11(1), 45-54.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Pedoman Gizi Seimbang untuk Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Mulyani, S., & Prabowo, B. (2022). "Efektivitas Edukasi Gizi untuk Peningkatan Pengetahuan Ibu Rumah Tangga." Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 15(3), 78-86.

Nasution, S. (2020). Dasar-Dasar Pengolahan Makanan Bergizi. Bandung: Alfabeta.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2021). Laporan Hasil Penelitian Konsumsi Ikan dalam Masyarakat. Jakarta: Puslitbangkes.

Sari, R. (2023). "Pengaruh Program Edukasi Kesehatan Terhadap Perilaku Makan Masyarakat." Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(4), 200-208.

World Health Organization. (2022). Guidelines on Healthy Eating for Children. Geneva: WHO.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.