Peningkatan Pengetahuan Ibu Nifas Melalui Pelatihan Pijat Oketani dalam Upaya Pencegahan Bendungan Air Susu Ibu (ASI)

Sri Heryani, Yudita Ingga Hindiarti, Ratna Suminar

Abstract

Masalah umum yang terjadi setelah melahirkan adalah pembengkakan payudara (breast engorgement). Hal ini disebabkan karena ASI tidak keluar dengan cepat serta tersumbatnya aliran vena dan limfatik sehingga menghambat dan menekan aliran ASI sehingga dapat mengakibatkan pembengkakan payudara (pembengkakan payudara). Pijatan ini merangsang kekuatan otot dada, melembutkan payudara, meningkatkan elastisitas dan meningkatkan produksi ASI. Menurut WHO, sekitar 40% ibu di Amerika Serikat tidak mau menyusui setelah melahirkan karena payudaranya nyeri atau bengkak. Di Indonesia, sekitar 10-20% ibu mengalami retensi ASI setelah melahirkan. Berdasarkan hasil penelitian (Maryati & Sari, 2018), dari 74 responden, 50 (67,6%) ibu mengalami pembengkakan ASI setelah melahirkan, dan tidak terdapat hubungan antara frekuensi ASI membesar dengan perilaku pembatasan menyusui. 84,6%), 33 (58,9%) memberikan ASI dan 31 (41,9%) memberikan evakuasi payudara tidak lengkap. Tujuan dari layanan ini adalah untuk memberikan Anda materi penelitian terkini tentang bagaimana meningkatkan keberhasilan pemberian ASI eksklusif dan mencegah pembengkakan payudara.

Keywords

Ibu Nifas; Bendungan ASI; Pijat Oketani

Full Text:

PDF

References

Dewita, D., Nurfadillah, N., Dewita, D., Veri, N., Henniwati, H., 2022. Pengaruh Pijat Oketani terhadap Pencegahan Bendungan Asi pada Ibu Postpartum. J. Kebidanan 12, 26–33.

Fk, K., Andalas, U., 2017. Prodi S1 Kebidanan FK Universitas Andalas 2030, 1–6.

Lova, N. et al, 2021. Gambaran Karakteristik Ibu Postpartum dengan Bendungan Asi di Pmb Bd I Citeureup Neglasari Bandung. J. Ilm. Kesehat. 62–70.

Machmudah, 2016. Kombinasi Pijat Oketani Dan Oksitosin Terhadap Parameter Produksi Asi Pada Ibu Post Seksio Sesarea Di Rumah Sakit Wilayah Kota Semarang. J. Univ. Muhammadiyah Semarang 1–12.

Pratiwi, L., Harun, N., Studi Teknologi Hasil Pertanian, P., Teknologi Pertanian, J., 2016. STUDI PEMANFAATAN JANTUNG PISANG DAN IKAN GABUS DALAM PEMBUATAN NUGGET STUDY OF THE USE BANANA ¶6 HEART AND GABUS FISH IN THE MANUFACTURE OF NUGGET, JOM Faperta.

Romlah, S.N., Rahmi, J., 2019. Pengaruh Pijat Oketani Terhadap Kelancaran Asi Dan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Nifas. Edu Dharma J. J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. 3, 90.

Solihah, S., Yolandia, R.A., Ciptiasrini, U., 2023. Hubungan Imd, Frekuensi Menyusui Dan Perawatan Payudara Terhadap Kejadian Bendungan Asi Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Cikalong Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023. SENTRI J. Ris. Ilm. 2, 4401–4413.

Umboh, E., Wilar, R., Mantik, M.F.J., 2013. Pengetahuan Ibu Mengenai Manfaat Asi Pada Bayi. J. e-Biomedik 1, 210–214.

Yasni, H., Sasmita, Y., Fathimi, 2020. Pengaruh Pijat Oketani Terhadap Produksi Asi Pada Ibu Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan. J. Pendidikan, Sains, dan Hum. 4, 117–123.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.