ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM IKLAN PRODUK PANDAI BESI

Rina Agustini, Siti Andini, Taufik Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa yaitu kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam iklan produk pandai besi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Penelitian dilakukan melalui tahap pengumpulan  data,  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan atau verifikasi data.. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data dari Instagram dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan produk pandai besi yang diunggah pada intagram. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 kesalahan dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia khususnya pada penggunaan huruf kapital dalam iklan produk pandai besi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.12617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.