ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM IKLAN PRODUK PANDAI BESI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa yaitu kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam iklan produk pandai besi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Penelitian dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data dari Instagram dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan produk pandai besi yang diunggah pada intagram. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 kesalahan dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia khususnya pada penggunaan huruf kapital dalam iklan produk pandai besi.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i2.12617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.